RESPONS AKADEMISI TERHADAP PASAL 12 AYAT 1A UU NO. 20 TAHUN 2003 TENTANG SISDIKNAS (Studi Komparasi antara Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Program Studi IPPAK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan llniversitas Sanata Dharma Yogyakarta)

Taufiqurrahman, NIM.: 00410254 (2004) RESPONS AKADEMISI TERHADAP PASAL 12 AYAT 1A UU NO. 20 TAHUN 2003 TENTANG SISDIKNAS (Studi Komparasi antara Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Program Studi IPPAK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan llniversitas Sanata Dharma Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPONS AKADEMISI TERHADAP PASAL 12 AYAT 1A UU NO. 20 TAHUN 2003 TENTANG SISDIKNAS (Studi Komparasi antara Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Program Studi IPPAK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan llniversitas Sanata Dh)
00410254_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RESPONS AKADEMISI TERHADAP PASAL 12 AYAT 1A UU NO. 20 TAHUN 2003 TENTANG SISDIKNAS (Studi Komparasi antara Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Program Studi IPPAK Fakultas Keguruan dan llmu Pcndidikan llniversitas Sanata Dh)
00410254_BAB II_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi antara dua kelompok yang berseberangan (mendukung dan menolak) terhadap RUU Sisdiknas antara IAIN yang didalamnya terdapat jurusan PAI yang terposisikan sebagai pihak pendukung RUU Sisdiknas untuk disahkan dan Universitas Sanata Dharma (prodi IPPAK yang inklud didalamnya) yang terposisikan sebagai pihak yang menolak. Penelitian ini bermaksud untuk membuat simplifikasi terhadap kebenaran asumsi tersebut. Akan tetapi tekananya lebih pada spirit ingin mengetahui dan mengungkap fakta sebenarnya dari kenyataan yang ada. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sedangkan metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitik. Hasil penelitian ini adalah: 1. Kedua para akademisi tersebut (Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Prodi IPPAK-FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta) sama-sama memiliki wujud atau sikap yang beragam dalam merespons pasal 12 ayat la UUSPN No. 20 tahun 2003. 2. Terkait dengan implementasi pasal 12 ayat laUUSPN No. 20 tahun 2003 pada lembaga pendidikan berdasarkan pandangan dari kedua para akademisi tersebut, terdapat kecenderungan untuk melaksanakan pendidikan agama sebagaimana ketentuan yang telah disepakati. Sedangkan materi yang berlmbungan dengan pengenalan agama-agama dapat diberikan pada setiap peserta didik setelah melampaui pendidikan dasar dan Ianjutan tingkat pertamanya, dengan alasan daya nalar mereka sudah mulai tumbuh kekritisannya. Akan tetapi dengan satu catatan, yakni barns diajarkan oleh pendidik yang berwawasan Iuas secara akademik. Demikianlah para akademisi Jurusan PAI Fabdtas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengidealkan implementasi dari pasal itu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Much. Fuad
Uncontrolled Keywords: Undang-undang Pendidikan; akademisi; Pendidikan religiusitas; kebebasan; peserta didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Oct 2023 08:12
Last Modified: 25 Oct 2023 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61776

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum