LAYANAN KONSELING ISLAMI PADA ISTRI KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI RIFKA ANNISA WOMEN'S CRISIS CENTER YOGYAKARTA

Purwati, NIM.: 02221019 (2006) LAYANAN KONSELING ISLAMI PADA ISTRI KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI RIFKA ANNISA WOMEN'S CRISIS CENTER YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN KONSELING ISLAMI PADA ISTRI KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI RIFKA ANNISA WOMEN'S CRISIS CENTER YOGYAKARTA)
02221019_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN KONSELING ISLAMI PADA ISTRI KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI RIFKA ANNISA WOMEN'S CRISIS CENTER YOGYAKARTA)
02221019_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Belakangan ini kita sering sekali mendengar berita tentang kasus-kasus kekerasan dalam rumah tangga. Mayoritas korbannya adalah perempuan dengan status sebagai istri yang disakiti oleh suaminya sendiri. Sungguh hal yang sangat ironis, mengingat lembaga pernikahan adalah lembaga sakral yang mengantarkan laki-laki dan perempuan menuju kehidupan rumah tangga dengan dilandasi beribadah kepada Allah SWT dan menjalin ikatan cinta kasih yang halal. Namun realitas banyak mengungkapkan, bahwa kasus kekerasan terhadap istri dalam rumah tangga adalah kasus kekerasan yang paling banyak dialami oleh kaum perempuan Konstruksi sosial, doktrin agama, dan kuatnya akar budaya patriarkhi menyebabkan perempuan pada posisi yang lemah Implikasinya, kesadaran perempuan untuk mendapatkan perlindungan hukum maupun sosial tidak berimbang dengan angka kejadian kekerasan terhadap istri yang semakin meningkat setiap tahunnya. Ditinjau dari perspektif Gender, kekerasan terhadap istri merupakan salah satu bentuk ketidakadilan gender. Namun, terlepas dari wacana gender, apapun bentuknya tindak kekerasan laki-laki (suami) terhadap perempuan (istr) tetap tidak dapat dibenarkan. Untuk menjawab pertanyaan bagaimana istri korban kekerasan dalam rumah tangga dapat menyelesaikan masalahnya, Rifka Annisa WCC menyediakan konselor yang dapat menfasilitasi klien untuk problem solving. Oleh karena itu, penyusun telah melakukan penelitian di Rifka Annisa WCC untuk keperluan penyusunan skripsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan konseling Islami di Rifka Annisa WCC dalam mendampingi istri yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga Hasil penelitian adalah mendeskripsikan layanan konseling Islami pada istri korban kekerasan dalam rumah tangga di Rifka Annisa WCC. Namun karena menurut konselor dan pengurus Rifka Anissa WCC klien (istri korban kekerasan dalam rumah tangga) yang datang ke Rifka Annisa WCC adalah multikultur, multietnis, dan multiagama, maka hasil penelitian ini penyusun tidak dapat mendeskripsikan layanan konseling Islami secara spesifik untuk setiap bentuk kekerasan yang dialami oleh klien Salah satu basil dari penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi positif terhadap pengembangan keilmuan Bimbingan dan Penyuluhan Islam untuk dapat mengkomparasikan dengan realitas sosial kemasyarakatan yang ada disekitar kita, termasuk diantaranya aplikasi konseling pada istri korban kekerasan Secara praktis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribus positif untuk pengembangan aktivitas pelayanan konseling Islami bagi konselor di Rifka Annisa WCC, para aktivis perempuan dan masyarakat dalam upaya pendampingan terhadap istri yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mokh Choiruddin, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Konseling Islam, Istri, Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Rifka Annisa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:17
Last Modified: 26 Oct 2023 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61779

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum