KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DALAM MENGEVALUASI HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MAN KARANGANOM KLATEN

Sarining Sekar Andasih, NIM.: 00420338 (2005) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DALAM MENGEVALUASI HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MAN KARANGANOM KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DALAM MENGEVALUASI HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MAN KARANGANOM KLATEN)
00420338_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DALAM MENGEVALUASI HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MAN KARANGANOM KLATEN)
00420338_BAB I DAN BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan profesional yang senng banyak dituntut oleh seorang guru adalah kemampuan dalam menilai hasil dan proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Dalam pendidikan sangat diperlukan evaluasi hasil belajar, karena dengan evaluasi akan mempermudah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menguasai bahan pelajaran yang telah diberikan. Bagi pendidik, evaluasi pendidikan akan memberikan kepastian atau ketetapan hati kepada diri pendidik tersebut, sudah sejauh manakah kiranya usaha yang telah dilakukannya selama ini telah membawa hasil, sehingga ia secara psikologi memiliki pedoman atau pegangan batin yang pasti guna menentukan langkah-langkah apa saja yang dipandang perlu dilakukan selanjutnya. Metode penelian ini penulis menggunakan metode kualitatif diskritif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sumber primer dalam penelitian ini adalah guru bidang studi bahasa Arab, sedangkan sumber data sekundemya adalah kepala Sekolah dan karyawan. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Dalam rangka pelaksanaan program pembelajaran mata pelajaran bahasa Arab, para guru bahasa Arab di MAN Karanganom Klaten terlebih dahulu telah membuat perencanaan program pembelajaran (SP) setiap awal tahun ajaran barn. Di dalam SP tersebut telah memuat materi pembelajaran, tujuan pembelajaran khusus (operasional), metode pembelajaran, sarana dan fasilitas pembelajaran, serta evaluasi hasil belajarnya. 2. Guru-guru bahasa Arab MAN Karanganom Klaten memiliki kompetensi (kemampuan) mengajar dan mengevaluasi dengan baik, karena mereka memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dan pengalaman mengajar yang cukup, terbukti mereka mampu membuat perencanaan, melaksanakan proses belajar mengajar dan mengevaluasi hasil belajar bahasa Arab siswa dengan baik. 3. Dengan melalui test tertulis dan test lesan dapat diketahui bahwa prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas II semester I MAN Karanganom Klaten tennasuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 6, 18.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H.Ahmad Rodli,M.Pd
Uncontrolled Keywords: proses belajar; guru Bahasa Arab; hasil belajar; evaluasi pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Oct 2023 08:48
Last Modified: 25 Oct 2023 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61780

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum