PERAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (PKBM) DALAM MEMFASILITASI MASYARAKAT BELAJAR (Studi di PKBM Widya Usaha Kelurahan Trihanggo Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Yogyakarta)

Salsabila Khoirunnisa Afifah, NIM.: 16720007 (2023) PERAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (PKBM) DALAM MEMFASILITASI MASYARAKAT BELAJAR (Studi di PKBM Widya Usaha Kelurahan Trihanggo Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (PKBM) DALAM MEMFASILITASI MASYARAKAT BELAJAR (Studi di PKBM Widya Usaha Kelurahan Trihanggo Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Yogyakarta))
16720007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (PKBM) DALAM MEMFASILITASI MASYARAKAT BELAJAR (Studi di PKBM Widya Usaha Kelurahan Trihanggo Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Yogyakarta))
16720007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PKBM Widya Usaha merupakan pendidikan non formal yang membantu masyarakat putus sekolah di Desa Trihanggo. Usaha ini dimaksudkan agar masyarakat dapat memulai pendidikannya kembali dengan belajar hingga dapat menyelesaikannya di bawah naungan PKBM Widya Usaha. Hal ini dikarenakan di Desa Trihanggo masih banyak jumlah penduduk yang belum bersekolah dan banyak yang belum menamatkan pendidikan jenjang SD, SMP, maupun SLTA. Sehinga penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran PKBM Widya Usaha sebagai lembaga pendidikan non formal dalam memfasilitasi masyarakat belajar di Desa Trihanggo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Pendidikan Progresif dari John Dewey. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi di PKBM Widya Usaha, wawancara yang dilakukan dengan 5 narasumber, dan dokumentasi baik berupa gambar, catatan maupun rekaman sesuai dengan keadaan di lapangan. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, juga penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian PKBM Widya Usaha dianggap dapat memberdayakan masyarakat karena memberikan pelayanan pengalaman belajar mengajar untuk Kejar Paket A, B, dan C hingga adanya PAUD Hanggo Siwi. Beberapa masalah yang dihadapi PKBM Widya Usaha berkisar dari motivasi warga untuk belajar yang relatif rendah setelah kurangnya kegiatan, sarana, dan praktik pendidik yang mendukung. Memenuhi ambisi siswa, manajer, dan pendidik melalui dialog yang mencakup evaluasi implementasi kegiatan berfungsi sebagai dasar untuk upaya pengembangan PKBM Widya Usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muryanti. S.Sos., M.A
Uncontrolled Keywords: Peran PKBM, Masyarakat Putus Sekolah, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: Pendidikan
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Oct 2023 12:42
Last Modified: 25 Oct 2023 12:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61793

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum