HUBUNGAN ANTARA PERFEKSIONISME DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI

Davit Setya Aji, NIM: 17107010101 (2023) HUBUNGAN ANTARA PERFEKSIONISME DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERFEKSIONISME DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI)
17107010101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERFEKSIONISME DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI)
17107010101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena prokrastinasi akademik sering terjadi kalangan mahasiswa. Prokrastinasi akademik dapat menjadi hal yang mempunyai efek domino tidak hanya bagi mahasiswa yang bersangkutan. perfeksionisme merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prokrastinasi akademik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara perfeksionisme dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan metode pengumpulan data berupa Skala Perfeksionisme dan Skala Prokrastinasi Akademik. Adapun populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Angkatan 2018 yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan teknik sampling dengan teknik kuota sampling diperoleh jumlah subjek sebanyak 105 orang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan spearman rho. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara perfeksionisme dengan prokrastinasi akademik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji koefisien korelasi yang terbentuk sebesar r = 0,478 dengan nilai signifikansi atau p sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat hubungan antara perfeksionisme dengan prokrastinasi akademik. Perfeksionisme memberikan sumbangan efektif sebesar 23,2% terhadap prokrastinasi akademik, sedangkan 76,8% dipengaruhi oleh variabel selain perfeksionisme yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil ini berimplikasi praktis terhadap kebutuhan perancangan intervensi bagi mahasiswa yang memiliki perilaku perfeksionisme sehingga dalam proses akademik maupun non akademik menjadi lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Zidni Immawan Muslimin, S.Psi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Perfeksionisme, Prokrastinasi Akademik
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Oct 2023 12:44
Last Modified: 26 Oct 2023 12:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61796

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum