STUDI KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR QOWA'ID DENGAN PRESTASI BELAJAR MUHADATSAH SISWA KELAS II MAK NU BANAT KUDUS

Milhatun Nikmah, NIM.: 00420424 (2004) STUDI KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR QOWA'ID DENGAN PRESTASI BELAJAR MUHADATSAH SISWA KELAS II MAK NU BANAT KUDUS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR QOWA'ID DENGAN PRESTASI BELAJAR MUHADATSAH SISWA KELAS II MAK NU BANAT KUDUS)
00420424_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR QOWA'ID DENGAN PRESTASI BELAJAR MUHADATSAH SISWA KELAS II MAK NU BANAT KUDUS)
00420424_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Mata pelajaran muhadatsah bertujuan agar siswa dapat berbicara dalam Bahasa Arab dengan susunan kalimat yang baik dan benar. Agar siswa dapat berbicara dalam Bahasa Arab dengan susunan kalimat yang baik dan benar diperlukan penguasaan terhadap tata Bahasa Arab yang dapat diperoleh dengan belajar qowa'id (nahwu dan shorof). Penelitian ini membahas tentang apakah ada hubungan atau korelasi antara prestasi belajar qowa'id dengan prestasi belajar muhadatsah, yang dalam hal ini penulis mengambil obyek penelitian di MAK NU Banat Kudus. Penelitian ini adalah bersifat populasi. Subyek penelitian adalah seluruh populasi yang ada yaitu para siswa MAK NU Banat Kudus kelas II yang berjumlah 51 siswa. Metode pengumpulan data dengan Teknik Tes dan Teknik non tes. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Berdasarkan hasil tes yang penulis laksanakan, prestasi belajar qowa'id yang dicapai oleh siswa kelas II MAK NU Banat Kudus terrnasuk cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa adalah 68,65. 2. Sedangkan nilai hasil prestasi balajar muhadatsah siswa kelas II MAK NU Banat Kudus juga tennasuk baik. Hal ini dapat dilihat dengan nilai rata­rata siswa dalarn hasil tes yang telah penulis lakasanakan yaitu 7 5, 1. 3. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang penulis laksanakan diperoleh bahwa r hasil observasi (ro) yaitu 0,596 adalah lebih besar dari r tabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 0,273 dan I% yaitu 0,354. Jadi, dari r hasil observasi tersebut dapat diinterpretasikan bahwa antara prestasi belajar qowa'id dengan prestasi belajar muhadatsah terdapat hubungan positif yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Nazri Syakur, MA
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar; Qawaid; Muhadatsah; Pengajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Oct 2023 15:19
Last Modified: 25 Oct 2023 15:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61825

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum