PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK AUTIS DI YAYASAN PENDIDIKAN AUTISME BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Nurhayati, NIM.: 00410117 (2004) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK AUTIS DI YAYASAN PENDIDIKAN AUTISME BINA ANGGITA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK AUTIS DI YAYASAN PENDIDIKAN AUTISME BINA ANGGITA YOGYAKARTA)
00410117_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK AUTIS DI YAYASAN PENDIDIKAN AUTISME BINA ANGGITA YOGY AKARTA)
00410117_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Anak autis mengalami gangguan perkembangan yang kompleks, yang biasanya muncul pada usia 1-3 tahun yang mcmbuat seseorang tidak mampu mengadakan interaksi sosial, mengalami hambatan dalam berkomunikasi baik secara verbal maupun non verbal dan kadang dalam beberapa kasus ditemukan perilaku agresif atau melukai diri sendiri. Penanganan pada masing-masing anak autis sangat berbeda dan memerlukan waktu yang lama, sehingga memerlukan kesabaran, ketelatenan, kerjasama yang baik dan diperlukan keaktifan guru serta lingkungan yang mendukung. Penanganan anak autis oleh guru memainkan peranan penting. Bagaimana seorang guru bisa menumbuhkan perilaku keagamaan pada anak autisme dimana telah kita ketahui bahwasanya mereka mengalami gangguan interaksi sosial, juga mengalami hambatan dalam berkomunikasi verbal dan non-verbal serta kegiatan dan minatnya aneh dan terbatas juga penanganan makanan mereka pun memerlukan perhatian. Penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, interview dan dokumentasi. Kesmipulan penelitian ini adalah: 1. Pendidikan pe1ilaku keagamaan yang dilaksanakan oleh gum di yayasan tersebut adalah: a. Materi untuk kelas dengan kurikulum awal b. Materi untuk kelas dengan kmikulum akademik yaitu materi untuk kemampuan akademik. 2. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penumbuhan perilaku keagamaan anak autis di yayasan pendidikan autisme Bina Anggita Yogyakarta. 3. Hasil yang dicapai dari penumbuhan perilaku keagarnaan anak autis di yayasan pendidikan autisme Bina Anggita Yogyakaita adalah: anak dapat melakukan aktivitas dan mempunyai kemampuan sepe1ti anak-anak nonnal seusianya. 4. Peran guru dalam menumbuhkan perilaku keagamaan anak autis di yayasan pendidikan autisme Bina Anggita Yogyakaita adalah: a. Guru sebagai orang tua kedua bagi anak b. Guru sebagai pembimbing bagi anak c. Guru sebagai pengendali emosi anak d. Guru sebagai motivator anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Siti Barirotun
Uncontrolled Keywords: anak autism; autism; perilaku keagamaan; belajar mengajar; guru
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:57
Last Modified: 26 Oct 2023 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61843

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum