METODE AN NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR'AN DI PESANTREN DARUL ULUM TUBAN JAWA TIMUR

Muhammad Imam Zamroni, NIM.: 00420274 (2004) METODE AN NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR'AN DI PESANTREN DARUL ULUM TUBAN JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE AN NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR'AN DI PESANTREN DARUL ULUM TUBAN JAWA TIMUR)
00420274_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE AN NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR'AN DI PESANTREN DARUL ULUM TUBAN JAWA TIMUR)
00420274_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Munculnya metode-metode pembelajaran bahasa Arab, akhir-akhir ini telah menjadi perbincangan hangat di kalangan para pemerhati bahasa. Salah satu contoh metode pembelajaran Bahasa Arab dengan metode lqra'. Metode Iqra’ ini menitikberatkan pada pembelajaran bahasa Arab pada ranah kemahiran membaca, tarutama sekali pada tingkat pemula. Metode ini dapat diaplikasikan dengan sistem klasikal maupun sistem privat (individual) dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode An Nahdliyah bisa dikatakan realatif baru di dunia pengajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, kita memerlukan pembuktian secara empirik terhadap eksistensi metode An Nahdliyah. Salah satu pondok pesantren yang menerapkan metode An Nahdliyah dalam proses pembelajaran membaca Al Qur'an adalah di pondok pesantren Darul Ulum Darul Ulum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dengan metode pengamatan partisipan (participant Observation), metode wawancara, metode dokumentasi dan metode test. Hasil penelitian ini adalah: 1. Penerapan metode An Nahdliyah di pondok pesantren Dami Ulum Tuban J awa Timur be1jalan sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada dalam buku panduan metode An Nahdliyah. Dengan menggunakan tongkat penunjuk sebagai media untuk menuntun santri dalam membaca teks yang ada dalam buku Cepat Tanggap Belajar Al Qur'an. 2. Berdasarkan hasil wawancara kepada para ustadz dan observasi di lokasi penelitian yang penulis lakukan, maka terdapat beberapa faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode An Nahdliyah di pondok pesantren Darul Ulum Tuban Jawa Timur dalam pembelajaran membaca permulaan. 3. Kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode An Nahdliyah di pesantren Darul Ulum Tuban Jawa Timur dapat dikatakan baik, karena nilai rata-rata yang diambil dari tes yaitu 6,9. Dan terdapat 65% dari 20 santri yang mandapatkan nilai 6-7,5 dari tes tersebut yang dilakukan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Zainal Arifin mad M.A
Uncontrolled Keywords: santri; program pembelajaran; membaca; media pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Oct 2023 09:32
Last Modified: 26 Oct 2023 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61857

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum