GAMBARAN KEBERSYUKURAN PADA PENYINTAS (SURVIVOR) COVID-19 DENGAN PENYAKIT BAWAAN (COMORBID) DALAM PERSPEKITIF PSIKOLOGI ISLAM

Rifa Yasmin Nailufar, NIM.: 18107010120 (2023) GAMBARAN KEBERSYUKURAN PADA PENYINTAS (SURVIVOR) COVID-19 DENGAN PENYAKIT BAWAAN (COMORBID) DALAM PERSPEKITIF PSIKOLOGI ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Gambaran Kebersyukuran Pada Penyintas (Survivor) Covid-19 Dengan Penyakit Bawaan (Comorbid) Dalam Perspekitif Psikologi Islam)
18107010120_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Gambaran Kebersyukuran Pada Penyintas (Survivor) Covid-19 Dengan Penyakit Bawaan (Comorbid) Dalam Perspekitif Psikologi Islam)
18107010120_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Munculnya pandemi akibat Covid-19 di dunia telah meninggalkan pengalaman traumatis bagi masyarakat maupun para penyintasnya, termasuk bagi para penyintas yang memiliki penyakit bawaan atau disebut juga dengan komorbid. Namun, hadirnya perspektif positif dan rasa syukur memiliki peran yang sangat penting untuk bangkit pasca survive dari Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan gambaran kebersyukuran pada penyintas Covid-19 yang disertai dengan penyakit bawaan (komorbid) dalam perspektif psikologi islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan utama dalam penelitian ini adalah tiga orang survivor Covid-19 dengan komorbid yang berusia diatas 40 tahun. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi-terstruktur dan observasi non partisipan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gambaran kebersyukuran pada penyintas Covid-19 dengan penyakit bawaan (komorbid) antara lain menjadikan rasa syukur sebagai tanda terima kasih atas karunia yang Allah SWT berikan kepada mereka untuk dapat survive dari paparan virus Covid-19. Selain itu, bersyukur menjadi bentuk penerimaan atas segala nikmat yang harus disyukuri keadaannya meski hal yang kurang menyenangkan sekalipun. Merealisasikan bemtuk syukur dalam kehidupan sehari-hari dengan beribadah, beramal, dan bersikap baik antar sesama yang mendatangkan emosi positif berupa rasa tenang dan bahagia dalam hidup

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing:Rita Setyani Hadi Sukirno, M. Psi
Uncontrolled Keywords: Kebersyukuran, Penyintas Covid-19, Komorbid, Pandemi, Kualitatif
Subjects: Psikologi
Covid-19
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Oct 2023 14:33
Last Modified: 27 Oct 2023 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61859

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum