PRAKTIK HIJAB PARA SELEBGRAM MUSLIM YOGYAKARTA DI INSTAGRAM (ANALISIS DIMENSI KEBERAGAMAAN CHARLES Y GLOCK AND RODNEY STARK)

Ayuk Yulia Saprianti, NIM.: 18105020051 (2023) PRAKTIK HIJAB PARA SELEBGRAM MUSLIM YOGYAKARTA DI INSTAGRAM (ANALISIS DIMENSI KEBERAGAMAAN CHARLES Y GLOCK AND RODNEY STARK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK HIJAB PARA SELEBGRAM MUSLIM YOGYAKARTA DI INSTAGRAM (ANALISIS DIMENSI KEBERAGAMAAN CHARLES Y GLOCK AND RODNEY STARK))
18105020051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK HIJAB PARA SELEBGRAM MUSLIM YOGYAKARTA DI INSTAGRAM (ANALISIS DIMENSI KEBERAGAMAAN CHARLES Y GLOCK AND RODNEY STARK))
18105020051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Selebgram berasal dari kata "selebriti" dan "Instagram". Mereka yang dikatakan sebagai selebgram, adalah orang yang memiliki banyak pengikut pada akun Instagram nya, yang dapat digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau merek (brand). Biasanya, seseorang bisa dikatakan selebgram jika telah memiliki minimal 20.000 followers atau memiliki penggemar di Instagram. Hal yang membuat mereka didaulati menjadi selebgram adalah orisinilitas konten atau dengan cara mempromosikan beberapa produk agar menjadi perhatian publik. Praktik hijab para selebgram muslim di Instagram menjadi perbincangan karena memakai hijab bukan lagi persoalan identitas Agama, melainkan karena faktor pekerjaan dan kesadaran pada diri selebgram itu sendiri. Praktik hijab yang di terapkan hanya di lingkungan universitas, dan melepas hijabnya saat bekerja atau penampilan di Instagram marak di terapkan oleh para selebgram disini. Dalam penelitian ini menggunakan teori dimensi keagamaan yaitu dimensi ideologis atau keyakinan, dimensi pengetahuan, dimensi ritual, dimensi konsekuensial dan dimensi experensial, dapat diketahui bahwa tidak seluruh selebgram memiliki 6 dimensi keagamaan seperti yang di jelaskan oleh Charles Y Glock and Rodney Stark dalam Psikologi Agama, karena perbedaan inilah peneliti meneliti kasus praktik hijab para selebgram khususnya di media sosia, Keyakinan dalam dimensi keagamaan diyakini oleh para selebgram, pengetahuan dan wawasan keagamaan para selebgram mengetahui. Sedangkan dalam ritualnya atau praktiknya belum semua selebgram praktikan dikesehariannya, efek dari hijab dan pembentukan ahlak pribadi juga dipengaruhi dari pemakaian hijab itu sendiri. Praktik hijab para selebgram dapat dipresentasekan sebagaimana dalam dimensi keagamaan seperti , dimensi keyakinan 100% (seluruh Inluencer meyakini tentang anjuran berhijab dalam Agama Islam), dimensi ritual 67% (2 dari 6 selebgram tidak konsisten dalam berhijab), dimensi pengetahuan 100% (seluruh Inluencer mengetahui tentang anjuran berhijab dalam Agama Islam), dimensi experensial 67% (2 dari 6 selebgram belum merasakan dampak baik dari pemakian hijab), dimensi konsekuensial 50% (3 dari 6 selebgram tidak tertuntun pada hal hal positif dari pemakian hijab).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Roni Ismail, S.Th.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Hijab, Selebgram, Keagamaan, Instagram
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Hijab - Jilbab
Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Oct 2023 09:19
Last Modified: 27 Oct 2023 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61912

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum