REKONSTRUKSI KETIDAKADILAN GENDER DALAM FILM BOLLYWOOD (SEMIOTIKA VISUAL DALAM FILM LIPSTICK UNDER MY BURKHA)

Muhammad Nailul Huda, NIM.: 18105040087 (2023) REKONSTRUKSI KETIDAKADILAN GENDER DALAM FILM BOLLYWOOD (SEMIOTIKA VISUAL DALAM FILM LIPSTICK UNDER MY BURKHA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REKONSTRUKSI KETIDAKADILAN GENDER DALAM FILM BOLLYWOOD (SEMIOTIKA VISUAL DALAM FILM LIPSTICK UNDER MY BURKHA))
18105040087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (REKONSTRUKSI KETIDAKADILAN GENDER DALAM FILM BOLLYWOOD (SEMIOTIKA VISUAL DALAM FILM LIPSTICK UNDER MY BURKHA))
18105040087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Gender adalah pembedaan mengenai sifat perilaku yang tumbuh dalam ruang lingkup kehidupan sosial yang terbentuk dari masyarakat lewat proses sosial dan kultural panjang yang melibatkan laki-laki dan. Adanya perbedaan antara laki-laki dan merempuan menimbulkan dampak pada salah satu jenis kelamin yakni ketidakadilan gender. Perbedaan antara laki-laki dan perempuan tidak menjadi suatu masalah jika bisa menerima perbedaan sehingga tidak melahirkan ketidakadilan gender. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang diajukan untuk dapat mendeskripsikan serta menganalisis sebuah fenomena hingga peristiwa aktivitas sosial budaya. Fokus masalah pada panelitian ini mengungkapkan petanda dan penanda ketidakadilan gender serta bentuk-bentuk dan makna dari tanda visual yang terdapat pada film Lipstick Under My Burkha. Adegan-adegan film yang mengandung ketidakadilan kemudian dianalisis menggunakan semiotika visual sehingga dapat menemukan penanda dan petanda serta makna dan bentuk-bentuk ketidakadilan gender. Hasil analisis dalam film tersebut menunjukkan terdapat visual gambaran ketidakadilan yang dialami oleh tokoh-tokoh perempuan yang dilakukan oleh ayah maupun suami sebagai kepala keluarga berupa visual dan dialog. Makna dominan dari ketidakadilan gender pada film Lipstick Under My Burkha aadanya batasan dalam perilaku sosial, konstruksi atas realitas yang terjadi pada film, pengaruh agama pada tatanan social dan rekonstruksi ketidakadilan gender.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag M.Pd. M.A.
Uncontrolled Keywords: Ketidakadilan Gender, Diskriminasi, Film Bollywood
Subjects: Media massa > Film
Gender
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Oct 2023 09:35
Last Modified: 27 Oct 2023 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61914

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum