HUMANISME RELIGIUS DALAM TARIAN ADAT LILLING MASYARAKAT LAMAHOLOT DI DESA LOHAYONG PROVINSI NUSA TENGARA TIMUR

Muhammad Faridl Al Hasan, NIM.: 19105010047 (2023) HUMANISME RELIGIUS DALAM TARIAN ADAT LILLING MASYARAKAT LAMAHOLOT DI DESA LOHAYONG PROVINSI NUSA TENGARA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUMANISME RELIGIUS DALAM TARIAN ADAT LILLING MASYARAKAT LAMAHOLOT DI DESA LOHAYONG PROVINSI NUSA TENGARA TIMUR)
19105010047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUMANISME RELIGIUS DALAM TARIAN ADAT LILLING MASYARAKAT LAMAHOLOT DI DESA LOHAYONG PROVINSI NUSA TENGARA TIMUR)
19105010047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Hubungan antara agama dan budaya muncul begitu Islam tiba di Indonesia. Islam dan budaya lokal saling berakulturasi ketika berinteraksi dengan masyarakat karena karakteristik Islam yang khas. Tarian adat lilling masyarakat Lamaholot di Desa Lohayong merupakan salah satu kekayaan budaya masyarakat Indonesia, yang mengandung nilai-nilai kemanusiaan dan spiritualitas. Saat ini, kehidupan spiritual berbasis prinsip-prinsip agama sangat dibutuhkan oleh manusia modern. Kehidupan yang penuh persaingan dan menuntut manusia menjadi pekerja dengan profesionalitas serta standar yang tinggi di berbagai aspek kehidupan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; Bagaimana sejarah lahirnya tarian adat lilling masyarakat Lamaholot di Desa Lohayong?; Bagaimana nilai-nilai humanisme religius yang terkandung dalam tarian adat lilling masyarakat Lamaholot di Desa Lohayong?. Rumusan masalah tersebut diambil guna memberikan stabilitas dan identitas kepada masyarakat Desa Lohayong, dengan meneliti pandangan hidup suatu masyarakat berbudaya melalui tarian lilling. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mensistematiskan dan menganalisis nilai-nilai filosofis dalam tarian lilling, khususnya menganalisis nilai-nilai humanisme religius di dalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) sebagai grand tehory, dengan Humanisme Religius sebagai apply theory. IPA digunakan untuk merumuskan pemahaman mendalam tentang pengalaman dan perspektif masyarakat Desa Lohayong terkait tarian adat lilling. Selanjutnya, Humanisme Religius diterapkan sebagai kerangka teoritis untuk menganalisis nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan dan tanggung jawab terhadap lingkungan yang tercermin dalam tarian tersebut. Dengan pendekatan ini peneliti dapat mengidentifikasi makna simbolik dan spiritual tarian adat lilling, serta menghubungkannya dengan pemahaman humanisme religius yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lahir dan berkembangnya tarian adat lilling masyarakat Lamaholot di Desa Lohayong, memiliki keterkaitan dengan masuknya Islam ke pulau Solor pada abad ke-13 M. Tarian lilling merupakan tarian adat yang lahir dan berkembang di wilayah muslim pesisir Solor Watan Lema (Solor Lima Pantai). Tarian ini tidak hanya menjadi bentuk ekspresi seni dan kebudayaan, tetapi juga menjadi sarana untuk menyampaikan pesan-pesan spiritual dan cerita sejarah. Melalui gerakan dan syair-syair yang dilagukan dalam tarian lilling, masyarakat Desa Lohayong mengajarkan nilai-nilai persatuan, persaudaraan, kekeluargaan dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Nilai-nilai tersebut diterapkan dalam kehidupan masyarakat Desa Lohayong sebagai sebuah tradisi seperti, tradisi koda adat; tradisi makan lamak, dan tradisi reuni akbar gelekat lewo gewayantana. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tarian lilling memiliki nilai-nilai humanisme religius yang mendalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ali Usman, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Tarian Lilling, Humanisme Religius, Masyarakat Lamaholot, Desa Lohayong.
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Budaya dan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Oct 2023 10:00
Last Modified: 27 Oct 2023 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61924

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum