ANALISIS ISi BUKU PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X SEMESTER II DITINJAU DARI INDEKS KETERLIBATAN SISWA DAN KEMUNGKINAN MUNCULNYA KONSEP ALTERNATIF

Muhammad Taufig Alhudaya, NIM. 99454225 (2006) ANALISIS ISi BUKU PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X SEMESTER II DITINJAU DARI INDEKS KETERLIBATAN SISWA DAN KEMUNGKINAN MUNCULNYA KONSEP ALTERNATIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS ISi BUKU PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X SEMESTER II DITINJAU DARI INDEKS KETERLIBATAN SISWA DAN KEMUNGKINAN MUNCULNYA KONSEP ALTERNATIF)
99454225_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS ISi BUKU PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X SEMESTER II DITINJAU DARI INDEKS KETERLIBATAN SISWA DAN KEMUNGKINAN MUNCULNYA KONSEP ALTERNATIF)
99454225_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa indeks keterlibatan siswa pada isi buku pelajaran fisika SMA kelas X semester II yang mengacu pada kurikulum 2004. Disan1ping itu juga untuk mengetahui kelengkapan struktur isi buku dan kernungkinan munculnya konsep alternatif pada buku. Subjek penelitian ini adalah tiga buah buku pelajaran fisika kelas X SMA kurikulum 2004 karangan Budi Purwanto yang diterbitkan oleh penerbit Tiga Serangkai, buku fisika kelas X karangan Ahmad Abu Hamid dan Tini Widyowati yang diterbitkan oleh penerbit Dinas Pendidikan Propinsi D.l.Y, Yayasan Anak Bangsa Mandiri, dan Penerbit ANDI, serta buku fisika kelas X karangan Efrizon Umar yang diterbitkan oleh penerbit Ganeca Exact. Buku-buku yang telah ditetapkan sebagai subjek penelitian ini kemudian diambil bagian-bagian teks, gambar dan diagram serta pertanyaan akhir bah untuk dianalisis dengan menggunakan instrumen analisis buku model Romey (1968) yang dimodifikasi oleh Siti Mariyan1 dkk. Analisis data secara deskriptif dan uji Chi-kuadrat. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa buku-buku pelajaran fisika SMA kelas X semester II telah rnemenuhi kriteria keterlibatan siswa. Untuk buku yang disusun Budi Purwanto memiliki rata-rata indeks (1,2230) yang berarti memenuhi kriteria keterlibatan siswa, keragaman kornponen keterlibatan siswa sebesar 12 komponen, terdapat perbedaan yang bermakna pada jenjang penampilan dan tentang kelengkapan materi memenuhi ketentuan yang ada. Untuk buku fisika kelas X yang disusun oleh Efrizon Umar memiliki rata-rata indeks sebesar (0,7694) yang berarti memenuhi kriteria keterlibtan siswa, keragaman komponen keterlibatan siswa sebesar 14 komponen, ada perbedaan yang bermakna pada jenjang penarnpilan, dan tentang kelengkapan materi memenuhi ketentuan yang ada. Untuk buku pelajaran fisika kelas X yang disusun Ahmad Abu Hamid dan Tini Widyowati memiliki rata-rata indeks (1,4552) yang berarti memenuhi kriteria keterlibatan siswa, keragaman komponen keterlibatan siswa sebesar 9 komponen, terdapat perbedaan yang bermakna pada jenjang penampilan tetapi tidak berpola dan kelengkapan materi tidak memenuhi ketentuan yang ada. Konsep alternatif muncul pada ketiga buku tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Drs. H. Suparwoto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: BUKU FISIKA, PELAJARAN, SISWA
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Oct 2023 10:01
Last Modified: 03 Nov 2023 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61926

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum