PENINGKATAN DAYA INGAT SISWA SMA DALAM BELAJAR FISIKA

ALIF NUR AFIF A, NlM: 99454247 (2004) PENINGKATAN DAYA INGAT SISWA SMA DALAM BELAJAR FISIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN DAYA INGAT SISWA SMA DALAM BELAJAR FISIKA)
99454247_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN DAYA INGAT SISWA SMA DALAM BELAJAR FISIKA)
99454247_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar-belakangi oleh suatu pandangan yang sering muncul di benak siswa SMA mengcnai pelajaran fisika. Selama ini, pelajaran fisika dianggap sebagai pelajaran yang sulit, karena itu pelajaran ini tidak disukai bahkan diterima siswa SMA. Pandangan lersebut nampaknya terbukti dengan banyaknya nilai merah pada rapor mereka. Berkaitan dengan ha! itu, daya ingat sebagai salah satu aspek psikologi memegang peranan yang sangat signifikan dalam proses belajar mengajar fisika. Terutama dalam hal pemahaman konsepkonsep atau teori-teori, rumus-rumus, aspek-aspek yang terdapat dalam ilmu fisika, dimana hal itu harus benar-benar dipahami dan dimengerti serta dapat mengaplikasikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum tentang daya ingat sebagai sebuah sifat umum aktifitas psikis manusia, juga untuk mengetahui sejauhmana peningkatan kemampuan daya ingat siswa SMA dalam proses belajar fisika Penelitian literer ini yang bersifat kualitatif ini data utamanya didapatkan dari buku-buku dan literatur yang rnembahas tentang daya ingat, khususnya yang ada kaitannya dengan peningkatan mutu belajar fisika. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa daya ingat bukan hanya mempunyai kemampuan untuk menyirnpan apa yang pernah dialami saja, tetapi juga termasuk kemampuan untuk mencrirna, menyimpan dan menimbulkan kembali. Sehingga ketiga hal ini merupakan tahap-tahap yang dilalui dalam usaha memperkuat daya ingat. Dan untuk mcningkatkan daya ingat siswa SMA dalam belajar fisika, dapat dilakukan dengan mcmbuat komitmen yang realistis dalam belajar, menghindari belajar dengan sistcm kebut semalam, memahami esensi buku-buku/ materi pelajaran fisika, bcrlatih menggunakan ingatan, menghindari lapar/kenyang saat mulai belajar fisika, bclajnr fisika dengan rileks dan di tempat yang nyaman dengan pencahayaan alami. Kata Kunci: Pendidikan, Daya ingat, SMA. belajar, Fisika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: BUKU FISIKA, SISWA, DAYA INGAT, Pendidikan, belajar, Fisika
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Oct 2023 10:08
Last Modified: 03 Nov 2023 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61927

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum