HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN ANTAR KONSEP DAN PElHAHAMAN ALAT-ALAT PERCOBAAN DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP ESENSIAL KIMIA SISWA KELAS II MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2003/2004

Ami Rohmawat!, NIM. 99454248 (2004) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN ANTAR KONSEP DAN PElHAHAMAN ALAT-ALAT PERCOBAAN DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP ESENSIAL KIMIA SISWA KELAS II MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2003/2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN ANTAR KONSEP DAN PElHAHAMAN ALAT-ALAT PERCOBAAN DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP ESENSIAL KIMIA SISWA KELAS II MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2003/2004)
99454248_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN ANTAR KONSEP DAN PElHAHAMAN ALAT-ALAT PERCOBAAN DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP ESENSIAL KIMIA SISWA KELAS II MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2003/2004)
99454248_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman antar konsep dan pemahaman alat-alat percobaan dengan kemampuan memahami konsep esensial kimia siswa kelas II MAN Yogyakarta III tahlm pelajaran 2003-2004. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar sumbangan efektif dan sumbangan relatif pada masing-masing variabeI dengan kemampuan memahami konsep esensial kimia. Penelitian ini dilakukan di MAN Y ogyakarta III, pada akhir tahun pelajaran 2003- 2004 yaitu dari bulan mei - juni tepatnya sekitar tanggal 26 mei - 4 juni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu e:x post facto dengan analisis korelasi regresi dua prediktor. Pengambilan sampel menggunakan sampling bertujuan tertentu (purposive sampling), yaitu didasarkan pada suatu pertimbangan tertentu yang di buat oleh peneliti sendiri, berdasarkan ciri atau sifat-sifat populasiyang sudah diketahui sebelumnya. Dari jumlah populasi 78 siswa diambil sampel 49 siswa. Dari basil penelitian didapat koefisien korelasi antara variabel XI ( pemahaman antar konsep ) dengan variabel Y adalah 0,436 ( p = 0,002 ). Nilai koefisien korelasi untuk X2 ( pemahaman alat-alat percobaan) dengan variabel Y adalah 0,416 ( p = 0,004 ). Dari analisis koefisien korelasi regresi ganda diperoleh R yft.zl = 0,654 dan koefisien determinan Ry(r.2 ) 2 = 0,427 ,kemudian dengan uji signlfikansi korelasi dua prediktor diperoleh Freg 17, 168. Persamaan gans regresmya adalah Y=l,162006X1 +1,418,347X2 +36,835450. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yan.g positif dan bermakna antara pemahaman antar konsep dan pemahaman alat~Iat percobaan dengan kemampuan memahami konsep esensial kimia siswa kelas II MAN Yogyakarta III tahun pelajaran 2003-2004. Dengan besar sumbangan relatif berturur-turut variabel pemahaman antar konsep dan pemahaman alat-alat percobaan sebesar 51,474% clan 48,026%. Sedangkan sumbangan efektifuya sebesar 22,214% dan 20,527%. XIV

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra.Rr. Lis Perma.na Sarj ivf.Si.
Uncontrolled Keywords: KONSEP, KIMIA, ESENSIAL, ALAT-ALAT PERCOBAAN
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Oct 2023 10:27
Last Modified: 03 Nov 2023 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61931

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum