IMPLIKASI KEGIATAN RUTINAN KEAGAMAAN TERHADAP RELIGIUSITAS MASYARAKAT DI DUSUN DUKUH BEJEN KECAMATAN BANTUL

Muhammad Pria Pambudi Luhur, NIM.: 19105020011 (2023) IMPLIKASI KEGIATAN RUTINAN KEAGAMAAN TERHADAP RELIGIUSITAS MASYARAKAT DI DUSUN DUKUH BEJEN KECAMATAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI KEGIATAN RUTINAN KEAGAMAAN TERHADAP RELIGIUSITAS MASYARAKAT DI DUSUN DUKUH BEJEN KECAMATAN BANTUL)
19105020011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI KEGIATAN RUTINAN KEAGAMAAN TERHADAP RELIGIUSITAS MASYARAKAT DI DUSUN DUKUH BEJEN KECAMATAN BANTUL)
19105020011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Religiusitas merupakan kedalaman penghayatan seseorang terhadap keyakinan terhadap keagamaannya dengan cara mematuhi segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya dan diaplikasikan atau diekspresikan terhadap kehidupan sehari-hari, seperti melakukan beribadah, berdoa, berperilaku dan bertingkah laku sesuai dengan ajaran yang telah ditentukan dan mempunyai hubungan baik antara Tuhan, manusia dengan lingkungan alam sekitarnya. Religiusitas diartikan sebagai seberapa jauh pengetahuan, seberapa kokoh keyakinan, seberapa pelaksanaan ibadah dan kaidah dan seberapa dalam penghayatan atas agama yang dianutnya. Dalam melakukan penelitian ini, penulis tidak lepas dari rumusan masalah, yaitu pertama, bagaimana aktivitas kegiatan rutinan keagamaan masyarakat di Dusun Dukuh Bejen Kecamatan Bantul. Kedua, bagaimana implikasi kegiatan rutinan keagamaan masyarakat di Dusun Dukuh Bejen Kecamatan Bantul terhadap religiusitas menurut Glock & Stark. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan psikologi agama khususnya mengenai religiusitas yang ditinjau teori religiusitas dari Glock & Stark lima dimensi religiusitas. Analisis data dilakukan dengan prosedur reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini, pertama, aktivitas masyarakat di Dusun Dukuh Bejen dalam rutinan kegiatan keagamaan diantaranya adalah yasinan, barzanji, mujahadah dan pengajian-pengajian lainnya yang mana adanya dampak berpengaruh kepada perilaku, tindakan dan tingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat. Kedua, dalam religiusitas masyarakat ditinjau menggunakan teori dimensi religiusitas mereka memenuhi semua kriteria dimensi dan mempengaruhi dimensi-dimensi yang lainnya yang mana saling berhubungan dan berdampak juga kepada kehidupan sehari-hari. Contohnya dalam hal dimensi kepercayaan, dan dimensi dimensi praktek, mereka mayoritas mempercayai maupun mengimani Allah dan mengabdikannya dalam bentuk peribadatan. Kedua dimensi tersebut, yang memengaruhi kepada pengalaman maupun kepribadian seseorang dan menentukan sikap kepada kehidupan sehari-hari yang mana menjadi tenang, tentram, berperilaku tolong menolong, dan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Siti Khodijah Nurul Aula, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Kegiatan Rutinan, Dimensi Religiusitas
Subjects: Budaya dan Agama
Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Oct 2023 11:24
Last Modified: 27 Oct 2023 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61941

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum