POTENSI DAN KETERSEDIAAN TANAMAN BERKHASIAT OBAT HIPERTENSI DI DUSUN BARAN DAN DUSUN WADUK, PATUK, GUNUNGKIDUL

Tri Puji Astuti, NIM: 16640015 (2023) POTENSI DAN KETERSEDIAAN TANAMAN BERKHASIAT OBAT HIPERTENSI DI DUSUN BARAN DAN DUSUN WADUK, PATUK, GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POTENSI DAN KETERSEDIAAN TANAMAN BERKHASIAT OBAT HIPERTENSI DI DUSUN BARAN DAN DUSUN WADUK, PATUK, GUNUNGKIDUL)
16640015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (POTENSI DAN KETERSEDIAAN TANAMAN BERKHASIAT OBAT HIPERTENSI DI DUSUN BARAN DAN DUSUN WADUK, PATUK, GUNUNGKIDUL)
16640015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Etnobotani merupakan pengetahuan yang dimiliki kelompok masyarakat atau etnik tersebut serta tingkah laku dan kearifan lokal dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam. Ketergantungan manusia pada tumbuhan salah satunya sebagai obat, seperti masyarakat di Dusun Baran dan Dusun Waduk. Hipertensi merupakan suatu keadaaan seseorang mengalami peningkatan tekanan darah. Darah dikatakan abnormal apabila tekanan darah lebih atau sama dengan 140/90 mmHg. Tujuan Penelitian untuk mengetahui spesies tanaman berkhasiat obat hipertensi, bagian organ yang dimanfaatkan, cara penggunaan, cara pengolahan dan ketersediaan tanaman berkhasiat obat hipertensi tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2023. Pengumpulan data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan bantuan 10 responden yang dipilih secara purposive sampling yang memiliki kriteria terserang penyakit hipertensi dan mengetahui cara penggunaan tanaman sebagai obat hipertensi yang diambil masing-masing dusun 10 responden. Hasil penelitian yang diperoleh ada 23 jenis tanaman di Dusun Baran dan Dusun Waduk yang digunakan sebagai obat hipertensi. Bagian tanaman yang digunakan yaitu daun, bunga, batang, buah, akar, kulit dan umbi, penggunaanya yaitu diminum dan dimakan secara langsung. Ketersediaanya, tersedia di pekarangan rumah, sawah, kebun dan membeli di pasar. Ketersedian tanaman obat di Dusun Baran ada 8 jenis tanaman dan di Dusun waduk ada 5 jenis tanaman yang tersebar di beberapa rumah responden. Berdasarkan hasil tersebut jenis tanaman yang di temukan di dua dusun hampir sama. Dusun Baran dan Dusun Waduk ini memiliki potensi dalam menyediakan tanaman obat berkhasiat hipertensi,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aisah S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Etnobotani, Hipertensi, Tanaman Obat.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:28
Last Modified: 02 Nov 2023 08:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61944

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum