FORMULASI PUPUK ORGANIK CAIR URIN KELINCI DENGAN VARIASI SUMBER INOKULUM UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN KANGKUNG DARAT (Ipomoea reptans Poir)

Galang Abdi Yuliardhi, NIM: 16640047 (2023) FORMULASI PUPUK ORGANIK CAIR URIN KELINCI DENGAN VARIASI SUMBER INOKULUM UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN KANGKUNG DARAT (Ipomoea reptans Poir). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FORMULASI PUPUK ORGANIK CAIR URIN KELINCI DENGAN VARIASI SUMBER INOKULUM UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN KANGKUNG DARAT (Ipomoea reptans Poir))
16640047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FORMULASI PUPUK ORGANIK CAIR URIN KELINCI DENGAN VARIASI SUMBER INOKULUM UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN KANGKUNG DARAT (Ipomoea reptans Poir))
16640047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kangkung (Ipomoea reptans Poir) merupakan tanaman hortikultura yang dapat dibudidayakan, baik di darat dan di rawa-rawa. Budidaya kangkung masih menimbulkan permasalahan dari segi biaya dan ketersediaan jenis nutrisi di pasaran, sehingga perlu adanya larutan nutrisi alternatif yang relatif murah seperti penggunaan pupuk organik cair (POC). Penggunaan pupuk organik cair merupakan salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan minimnya unsur hara di dalam tanah, dengan memperhatikan aspek keberlanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formulasi pupuk organik cair urin kelinci dengan sumber inokulum yang menghasilkan pupuk organik cair yang terbaik dan mengetahui formulasi pupuk organik cair urin kelinci dengan sumber inokulum yang terbaik dalam memicu pertumbuhan tanaman kangkung darat. Penelitian ini dilakukan di halaman Inkopau pada 24 Maret 2023 - 20 Mei 2023. Metode penelitian yang dilakukan dengan RAL (rancangan acak lengkap) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur (twoway ANOVA) kemudian dilanjutkan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) 5% menggunakan software SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan jumlah daun, tinggi tanaman dan panjang akar tidak berpengaruh nyata terhadap perlakuan, sedangkan berat basah dan berat kering berpengaruh nyata terhadap perlakuan. Kandungan unsur hara makro Nitrogen, Fosfor, dan Kalium pupuk organik cair urin kelinci dengan variasi sumber inokulum masih dibawah standar mutu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jumailatus Solihah, S.Si., M.Biotech.
Uncontrolled Keywords: Inokulum, POC, Urin kelinci
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:29
Last Modified: 02 Nov 2023 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61945

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum