PENENTUAN KONDISI OPTIMUM FASE GERAK ANALISIS RHODAMIN B DALAM KERUPUK DENGAN METODE KCKT (KROMATOGRAFI CAIR KINERJA TINGGI)

Lutfia Imani Maheswari, NIM: 17106030015 (2023) PENENTUAN KONDISI OPTIMUM FASE GERAK ANALISIS RHODAMIN B DALAM KERUPUK DENGAN METODE KCKT (KROMATOGRAFI CAIR KINERJA TINGGI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENENTUAN KONDISI OPTIMUM FASE GERAK ANALISIS RHODAMIN B DALAM KERUPUK DENGAN METODE KCKT (KROMATOGRAFI CAIR KINERJA TINGGI))
17106030015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENENTUAN KONDISI OPTIMUM FASE GERAK ANALISIS RHODAMIN B DALAM KERUPUK DENGAN METODE KCKT (KROMATOGRAFI CAIR KINERJA TINGGI))
17106030015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian analisis Rhodamin B dalam kerupuk telah dilakukan dengan metode Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT). Tujuan Penelitian ini penentuan kondisi optimum pada fase gerak dalam analisis Rhodamin B yang terkandung dalam sampel kerupuk menggunakan metode KCKT. Sampel kerupuk diambil dari tiga pasar tradisional yaitu Pasar Terban, Pasar Sentul, dan Pasar Kotagede. Penelitian diawali dengan preparasi sampel dengan ekstraksi padat cair, dilanjutkan dengan sampel diidentifikasi keberadaan Rhodamin B menggunakan metode kromatografi lapis tipis kemudian dilanjutkan dengan KCKT. Penentuan fase gerak pada KCKT dilakukan dengan menginjeksi sampel dengan perbandingan volume fase gerak metanol, air dan dapar fosfat pH 4. Hasil perlakuan sampel diukur absorbansinya untuk diketahui kandungan Rhodamin B yang diukur secara kuantitatif pada sampel. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa fase gerak dapat digunakan pada analisis adalah fase gerak dengan perbandingan metanol, air, dan dapar fosfat pH 4 sebesar 85:10:5. Hasil pengujian dari ketiga sampel menggunakan metode analisis KCKT satu sampel telah ditemukan positif mengandung Rhodamin B, sampel B dengan kadar 2,446 ppm. Sampel A didapat hasil analisis dengan kadar 0,223 ppm dan sampel C didapat hasil analisis dengan kadar 0,353 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Imelda Fajriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kerupuk, Rhodamin B, Kerupuk Warna, Kromatografi Cair Kinerja Tinggi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:30
Last Modified: 02 Nov 2023 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61957

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum