PRAKTIK LAZNAS YATIM MANDIRI YOGYAKARTA PADA PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA SIDOHARJO KAB.KULON PROGO

Novi Wahyuni, NIM.: 19105040056 (2023) PRAKTIK LAZNAS YATIM MANDIRI YOGYAKARTA PADA PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA SIDOHARJO KAB.KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PRAKTIK LAZNAS YATIM MANDIRI YOGYAKARTA PADA PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA SIDOHARJO KAB.KULON PROGO)
19105040056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (PRAKTIK LAZNAS YATIM MANDIRI YOGYAKARTA PADA PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA SIDOHARJO KAB.KULON PROGO)
19105040056_BAB I_V dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan sebagai permasalahan yang meresahkan dapat diatasi melalui penerapan program nasional dalam penanggulangan kemiskinan. Lembaga LAZNAS Yatim Mandiri, sebagai perwujudan nyata dari filantropi Islam yang mengandalkan dana ZISWAF, telah muncul sebagai agen perubahan yang kuat. Melalui pendekatan holistik, lembaga ini mampu memberikan pelatihan keterampilan, pendidikan, dan bantuan modal kepada masyarakat yang memerlukan, mengangkat mereka dari keterbatasan ekonomi menuju kemandirian yang berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui wujud praktik serta bentuk pemberdayaan LAZNAS Yatim Mandiri pada program pemberdayaannya di Desa Sidoharjo Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, yang dilakukan di LAZNAS Yatim Mandiri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu wawancara kepada Kepala Cabang Yatim Mandiri Yogyakarta, para Staff Yatim Mandiri Yogyakarta, dan beberapa penerima manfaat di Desa Sidoharjo. Sedangkan sumber data sekunder yang digunakan adalah beberapa referensi yang ada pada buku-buku, jurnal, laporan penelitian, data kependudukan, data geografis, data pendidikan, dan website resmi Yatim Mandiri. Pendekatan yang digunakan melalui pendekatan Sosiologi Agama dengan menggunakan analisis teori praktik sosial Pierre Bourdieu. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa, pertama program Lembaga LAZNAS Yatim Mandiri Yogyakarta dalam menjalankan program pemberdayaannya adalah membangun Kampung Mandiri yang bertujuan untuk memberdayakan potensi desa sehingga desa tersebut dapat berkembang secara mandiri tanpa bantuan dari luar. Adapun sasaran pada program ini ialah para ibu-ibu dhuafa atau janda miskin dikarenakan para bapak-bapak yang ada di desa tersebut telah mempunyai pekerjaan sendiri. Kedua, bentuk praktik yang dilakukan oleh Yatim Mandiri Yogyakarta dalam melakukan program pemberdayaannya adalah melakukan pembinaan, pendampingan, pemberian modal, kemitraan dan kolaborasi dengan organisasi lokal, pemerintah atau mitra lain dalam program Kampung Mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mahatva Yoga Adi Pradana, M.Sos.
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Praktik Sosial, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Oct 2023 11:54
Last Modified: 08 Jan 2024 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61989

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum