PEMUDA DAN PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN: STUDI PADA AGENSI SOSIAL GEMALI (GERAKAN MASYARAKAT PEDULI) DI DESA BUKATEJA, KECAMATAN BUKATEJA, KABUPATEN PURBALINGGA

Oktira Indah Cahyani, NIM.: 19105040063 (2023) PEMUDA DAN PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN: STUDI PADA AGENSI SOSIAL GEMALI (GERAKAN MASYARAKAT PEDULI) DI DESA BUKATEJA, KECAMATAN BUKATEJA, KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMUDA DAN PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN: STUDI PADA AGENSI SOSIAL GEMALI (GERAKAN MASYARAKAT PEDULI) DI DESA BUKATEJA, KECAMATAN BUKATEJA, KABUPATEN PURBALINGGA)
19105040063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMUDA DAN PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN: STUDI PADA AGENSI SOSIAL GEMALI (GERAKAN MASYARAKAT PEDULI) DI DESA BUKATEJA, KECAMATAN BUKATEJA, KABUPATEN PURBALINGGA)
19105040063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas agensi Gerakan Masyarakat Peduli (Gemali) dalam meningkatkan perilaku sosial keagamaan pada pemuda di Desa Bukateja. Dengan pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan tindakan, Bapak Budi Santosa sebagai agen melakukan agensinya dalam bentuk pendirian agensi Gemali. Realitas ini menarik untuk dikaji lebih dalam untuk mengetahui peranan-peranan agensi Gemali dalam meningkatkan perilaku sosial keagamaan pada pemuda serta mengetahui apa saja dampak yang diberikan oleh agensi Gemali pada pemuda dan masyarakat Desa Bukateja. Untuk menjawab rumusan masalah yang ada, peneliti melakukan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berbasis lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi di lapangan dan data sekunder yang berasal dari sumber tertulis, seperti data-data dari dokumen dan arsip yang terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan teori strukturasi Anthony Giddens dengan mengambil konsep agen dan struktur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, dimulai dari kemunculan agensi Gemali dengan pengetahuan akan permasalahan perilaku pemuda desa dan kondisi lingkungan yang ada di masyarakat Desa Bukateja. Kemudian muncul agensi Gemali dengan peranan-peranannya atau Tindakan yang dikemas dalam bentuk program kerja agensi Gemali. Kemunculan agensi Gemali ini dipengaruhi oleh kesadaran diskurtif yang dimiliki agen. Kedua, kemunculan agensi Gemali berdampak atau berpengaruh pada aspek sosial, aspek keagamaan, dan aspek pendidikan dalam masyarakat Desa Bukateja. Dengan dampak tersebut, menunjukan adanya hubungan saling mempengaruhi antara Bapak Budi Santosa sebagai agen dan Masyarakat Desa Bukateja sebagai struktur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nur Afni Khafsoh, M.Sos.
Uncontrolled Keywords: Strukturasi, Pemuda, Perubahan Sosial
Subjects: Sosial, Gerakan
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Oct 2023 14:10
Last Modified: 30 Oct 2023 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61996

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum