DONASI AGENSI SM ENTERTAINMENT MELALUI KHALAYAK PENGGEMAR SELEBRITAS (TINJAUAN TERHADAP FANS MUSLIM)

Suryani Dwi Lestari, NIM.: 19105040093 (2023) DONASI AGENSI SM ENTERTAINMENT MELALUI KHALAYAK PENGGEMAR SELEBRITAS (TINJAUAN TERHADAP FANS MUSLIM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DONASI AGENSI SM ENTERTAINMENT MELALUI KHALAYAK PENGGEMAR SELEBRITAS (TINJAUAN TERHADAP FANS MUSLIM))
19105040093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DONASI AGENSI SM ENTERTAINMENT MELALUI KHALAYAK PENGGEMAR SELEBRITAS (TINJAUAN TERHADAP FANS MUSLIM))
19105040093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena masuknya K-pop sudah tidak asing lagi di Indonesia. Trend yang masuk, serta penggemar K-pop yang semakin banyak dan banyaknya komunitas penggemar K-pop merupakan bukti bahwa K-pop sudah menjamur di Indonesia. Penggemar yang mengkoleksi barang-barang K-pop seperti lighstick, photo card, dan merchendaise sangat banyak di Indonesia. Pembelian beberapa barang-barang K-pop yang dilakukan oleh penggemar, sebagian ternyata digunakan untuk kegiatan donasi. Gerakan donasi dilakukan dengan menjual merchandise kepada para penggemar, dengan mengunggah di media sosial. Unggahan foto merchandise bersama dengan idol memiliki tujuan agar penggemar tertarik untuk melakukan donasi. Penelitian ini, memaparkan terkait analisis atau presepsi para penggemar Kpop khususnya penggemar muslim SM Entertainment terhadap unggahan foto selfie para idol yang bertujuan untuk donasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori analisis resepsi Stuart Hall dalam melihat presepsi para penggemar terhadap unggahan foto selfie idol dengan beberapa barang merchandise yang diperuntukkan untuk kegiatan donasi. Selain itu, dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif. Dalam mendapatkan data yang diperlukan peneliti mengumpulkan data dengan melakukan wawancara dengan narasumber yang terkait dengan teknik wawancara terarah (guided interview), dokumentasi seperti tayangan Youtube, Instagram, Tiktok, dan media sosial lainnya serta observasi. Dalam proses wawancara, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan memberikan kriteria bagi narasumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini memaparkan tentang proses analisis penggemar terhadap unggahan foto idol dengan merchandise. Dalam proses analisis yang dilakukan oleh penggemar, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi cara mereka menganalisis dan menilai tentang postingan foto tersebut yaitu latar belakang hidup, pengalaman hidup, kegemaran mereka terhadap idol, serta agama. Hal ini dapat memicu cara mereka menilai tentang postingan foto yang diunggah dalam media sosial. Selain itu, dalam gerakan donasi yang dilakukan oleh para penggemar lewat pembelian merchandise juga menghasilkan adanya suatu hibridasi, yaitu secara tidak langsung penggemar K-pop muslim melakukan kegiatan sedekah yang dianjurkan dalam Islam. Sehingga dalam pembelian merchandise para penggemar muslim tidak menghilangkan kebiasaan umat muslim yaitu bersedekah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Adib Sofia, S.S., M.Hum
Uncontrolled Keywords: K-Pop, Penggemar, Selebritas, Donasi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Oct 2023 14:17
Last Modified: 30 Oct 2023 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61999

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum