PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS RENDAH SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA

NAURIN AFIFIN - NIM. 06410024 (2011) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS RENDAH SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS RENDAH SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS RENDAH SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa meningkatnya kenakalan remaja dikarenakan perkembangan teknologi yang pesat, sehingga dibutuhkan lembaga atau sekolah yang menanamkan nilai-nilai agama Islam kepada anak sejak usia dini. Berdasarkan kurikulum dan arah tujuannya, SDIT Luqman Al hakim berusaha menjawab dan mengatasi problem tersebut dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa kelas rendah. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa kelas rendah SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta, apa problem penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dan bagaimana solusi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa kelas rendah SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa kelas rendah SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta, problem penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dan solusi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi perkembangan ilmu pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, membandingkan apa yang dikatakan orang di depan umum dengan apa yang dikatakan secara pribadi, membandingkan keadaan dan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang, dan membandingkan hasil wawancara dengan suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dilaksanakan di dalam kelas dan di luar kelas. Nilai-nilai yang ditanamkan di dalam kelas mencakup nilai ketauhidan, ke-Esaan, kepercayaan, ketundukan, kebersihan, ketaatan, kedermawanan, kesopanan dan kasih sayang. Selanjutnya pelaksanaan di luar kelas mencakup nilai ketundukan, ketaatan, kebersihan, kedermawanan, kasih sayang, kedisiplinan dan kesopanan. 2) Problem yang dihadapi dalam penanamkan nilai-nilai tersebut yaitu sifat dasar siswa yang sulit dikendalikan, kurangnya kediplinan siswa dalam pelaksanaan ibadah, kurangnya kediplinan guru dalam pendampingan ibadah siswa, dan dualisme konsep antara sekolah dan orang tua. 3) Solusi dari problem tersebut adalah pembinaan yang intensif kepada siswa yang memiliki sifat dasar sulit dikendalikan, pendampingan dan pengawasan kepada siswa yang kurang disiplin dalam ibadah, adanya pengecekan jadwal piket guru, komunikasi aktif antara guru dan orang tua melalui POMG atau pengaktifan buku komunikasi. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 30 Nov 2023 11:53
Last Modified: 30 Nov 2023 11:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6200

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum