MAKNA MUSIK BAGI KIAI: STUDI AKTIVITAS MUSIKAL KIAI MUHAMMAD FUAD RIYADI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL FATIHAH PLERET, BANTUL, YOGYAKARTA

Ferry Fitrianto, NIM.: 19105040095 (2023) MAKNA MUSIK BAGI KIAI: STUDI AKTIVITAS MUSIKAL KIAI MUHAMMAD FUAD RIYADI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL FATIHAH PLERET, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAKNA MUSIK BAGI KIAI: STUDI AKTIVITAS MUSIKAL KIAI MUHAMMAD FUAD RIYADI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL FATIHAH PLERET, BANTUL, YOGYAKARTA)
19105040095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MAKNA MUSIK BAGI KIAI: STUDI AKTIVITAS MUSIKAL KIAI MUHAMMAD FUAD RIYADI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL FATIHAH PLERET, BANTUL, YOGYAKARTA)
19105040095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Makna musik memiliki arti yang luas bagi setiap orang terlebih bagi penciptanya. Musik atau lagu merupakan sebuah simbol yang di dalamnya terdapat makna. Penelitian ini hendak mengungkap makna musik Rofa Band bagi seorang kiai. Selama ini kajian tentang makna musik jarang tersentuh dalam kajian Sosiologi Agama, hal ini dapat dilacak dalam skrpisi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan Sosiologi Agama untuk mengungkap sebuah fenomena mengenai Makna Musik Rofa Band bagi K.H. Muhammad Fuad Riyadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitataif deskriptif dengan menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan pihak yang terkait dan dokumentasi guna mengungkap aktivitas musik yang terdapat di pondok serta makna musik Rofa Band bagi K.H. Muhammad Fuad Riyadi. Dalam mengungkap makna musik penulis menggunakan teori Agama dan Kebudayaan milik Clifford Geertz yang kaitanya dengan simbol dan makna. Makan dibentuk dari relasi sistem pengetahuan dengan sistem nilai yang hanya dapat dipahami melalui simbol. Sistem simbol membawa dan menyampaikan ide pada orang lain. Simbol sendiri dapat berupa kata, prilaku, benda, musik, lirik, gambar, logo dan sebagainya. Simbol mengandung makna dan intepretatif Sementara makna musik merupakan perpaduan antara pengetahuan dan nilai yang melahirkan simbol berupa lirik lagu serta memiliki makna dibaliknya. Berdasarakan hasil penelitian yang telah penulis lakukan terdapat beberapa temuan sebagai berikut: Pertama, Musik Rofa Band dibentuk sebagai respon atas paham-paham radikalisme, ekstrimisme, dan Islam puritan yang berkembang dikalangan musisi. Para musisi yang terpapar doktrin Wahabi mereka rata-rata alergi dengan musik dan alat musik, bahkan terdapat salah satu musisi yang sampai membakar alat musiknya. Kedua, terdapat aktivitas musik yang ada di dalam Pondok Pesantren Roudlotul Fatihah seperti musik Hadroh, musik Rofa Band, dan Jagongan bareng Pemusik. Ketiga, pemaknaan musik Rofa Band oleh K.H. Muhammad Fuad Riyadi yaitu sebagai bentuk ekspresi rasa cintanya pada Rasulullah dan melalui syair lagunya ia ingin mengungkapkan kecintaanya tersebut. Dengan demikian makna musik bagi K.H. Muhammad Fuad Riyadi sebagai respon atas paham radikalisme dan disisi lain sebagai ungkapan ekspresi cintanya pada Rasulullah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Yaser Arafat, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kiai, Pesantren, Makna Musik
Subjects: Musik
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Oct 2023 14:20
Last Modified: 30 Oct 2023 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62000

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum