RESEPSI HADIS KEPEMIMPINAN PEREMPUAN OLEH SISWI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (STUDI LIVING HADIS)

Alifah Nurul Fitria Adini, NIM.: 19105051001 (2023) RESEPSI HADIS KEPEMIMPINAN PEREMPUAN OLEH SISWI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (STUDI LIVING HADIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESEPSI HADIS KEPEMIMPINAN PEREMPUAN OLEH SISWI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (STUDI LIVING HADIS))
19105051001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RESEPSI HADIS KEPEMIMPINAN PEREMPUAN OLEH SISWI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (STUDI LIVING HADIS))
19105051001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Polemik mengenai kepemimpinan perempuan sampai saat ini masih menjadi perdebatan yang hangat di kalangan masyarakat. Banyak golongan masyarakat yang masih memandang sebelah mata mengenai kepemimpinan perempuan, padahal dalam realitanya banyak perempuan yang berhasil, bahkan melampaui laki-laki, dalam kepemimpinannya. Minimnya peran perempuan dalam lembaga memiliki dampak pada rendahnya indeks kesetaraan gender, sehingga perempuan dianggap tidak berkemampuan. Perdebatan mengenai kebolehan atas kepemimpinan perempuan masih menjadi perbincangan yang ramai oleh kalangan tokoh ulama dan sarjana muslim. Jika mengacu pada hak seseorang untuk menjadi pemimpin, maka dapat diartikan bahwa setiap warga negara berhak menjadi pemimpin selama ia memperhatikan ketentuan undang-undang. Penelitian telah membuat dua rumusan masalah, yakni: bagaimanakah pembelajaran hadis di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan bagaimanakah resepsi hadis kepemimpinan perempuan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan living hadis dan teori resepsi milik Stuart Hall. Pemilihan lokasi pada Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta karena sekolah khusus perempuan yang mengusung branding sekolah pemimpin putri Islam. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian lapangan (field research). Bahan dan materi penelitian didapatkan melalui pengamatan langsung (observasi), wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran hadis di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta memiliki intesitas minimal 1 kali dalam seminggu. Namun dalam beberapa mata pelajaran lainnya terdapat materi yang selalu dikorelasikan dengan hadis, seperti mata pelajaran tafsir, akhlaq, fikih, dll. Selain mendapatkan pelajaran hadis di madrasah, mereka juga mendapatkan pelajaran hadis di asrama. Kemudian dalam meresepsikan hadis kepemimpinan perempuan, siswi Mu’allimaat memiliki kecenderungan dalam pemahaman kontekstual, yang mana siswi Mu’allimaat setuju dengan adanya kepemimpinan perempuan, namun dengan perspektif masing masing. Kepemimpinan pada dasarnya tidak hanya dibebankan pada satu gender saja, baik laki laki saja ataupun perempuan saja, kedunya memiliki potensi untuk menjadi pemimpin. Tanggung jawab pemimpin paling minimal adalah menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri, karena setiap kita nantinya akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinan terhadap diri sendiri. Dari proses pembelajaran hadis di Madrasah menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa pemahaman siswi Mu’allimaat terhadap hadis kepemimpinan perempuan, berawal dari pemahaman tekstual hadis yang kemudian dikontekstualisasikan pada era sekarang, dan hal tersebut mereka dapatkan dalam pelajaran hadis di madrasah yang disampaikan langsung oleh ustadz saat pelajaran berlangsung, sehingga ustadz memiliki peranan penting dalam pembentukan pemahaman siswi terhadap hadis kepemimpinan perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dadi Nurhaedi,S.Ag.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Resepsi Hadis, Kepemimpinan Perempuan, Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Studi Living Hadis.
Subjects: Ilmu Hadits
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2023 10:06
Last Modified: 14 Nov 2023 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62020

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum