FENOMENA BERHALA DALAM KISAH NABI IBRAHIM DAN RELEVANSINYA (ANALISIS SEMIOTIKA MICHAEL RIFFATERRE PADA Q.S. AL-ANBIYA’ [21]: 51-70)

Abdul Haris, NIM.: 19205010054 (2023) FENOMENA BERHALA DALAM KISAH NABI IBRAHIM DAN RELEVANSINYA (ANALISIS SEMIOTIKA MICHAEL RIFFATERRE PADA Q.S. AL-ANBIYA’ [21]: 51-70). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FENOMENA BERHALA DALAM KISAH NABI IBRAHIM DAN RELEVANSINYA (ANALISIS SEMIOTIKA MICHAEL RIFFATERRE PADA Q.S. AL-ANBIYA’ [21]: 51-70))
19205010054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FENOMENA BERHALA DALAM KISAH NABI IBRAHIM DAN RELEVANSINYA (ANALISIS SEMIOTIKA MICHAEL RIFFATERRE PADA Q.S. AL-ANBIYA’ [21]: 51-70))
19205010054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Tujuannya adalah untuk menghubungkan konsep berhala tersebut dengan konteks zaman sekarang, dengan menunjukkan adanya ketergantungan manusia pada hal-hal yang bersifat duniawi dan rapuh. Bagaimana aplikasi teori semiotika Riffaterre terhadap makna berhala dalam kisah Nabi Ibrahim pada ayat al-Qur’an, dan Bagaimana relevansi makna berhala di Masa sekarang. Penelitian ini dapat mengetahui penerapan teori semiotika Riffaterre, memberikan wawasan yang berharga dalam memahami makna berhala dalam kisah Nabi Ibrahim pada ayat al-Qur'an. Penelitian ini juga mengidentifikasi relevansi makna berhala di masa sekarang. semiotika Michele Pembacaan heuristik, mencari tanda dalam struktur secara tekstual yang meliputi kalimat, kata, ayat maupun surat dalam al-Qur’an. dan Pembacaan hermeneutika melibatkan interpretasi makna melalui konteks sosial, budaya, dan sejarah. Adapun jawaban heuristik Heuristik dan Berhala dalam masyarakat saat ini telah mengalami pergeseran makna dan berkembang dalam era modern.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Adib Sofia, S.S., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Nabi Ibrahim, Semiotika, Michele Riffattere, Berhala
Subjects: Tafsir Al-Qur'an > Sejarah Nabi dan Rasul
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2) > Studi al Qur'an dan Hadits
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2023 10:06
Last Modified: 14 Nov 2023 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62024

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum