PRAKTEK JUAL BELI JASA PERCETAKAN PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM ISLAM STUDI KASUS PERCETAKAN CV. 123 PRESS DAERAH BANTUL

M. Irsyad Alfarisi, NIM.: 16380037 (2023) PRAKTEK JUAL BELI JASA PERCETAKAN PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM ISLAM STUDI KASUS PERCETAKAN CV. 123 PRESS DAERAH BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTEK JUAL BELI JASA PERCETAKAN PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM ISLAM STUDI KASUS PERCETAKAN CV. 123 PRESS DAERAH BANTUL)
16380037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PRAKTEK JUAL BELI JASA PERCETAKAN PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM ISLAM STUDI KASUS PERCETAKAN CV. 123 PRESS DAERAH BANTUL)
16380037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Percetakan CV.123 Press daerah Bantul merupakan percetakan yang melakukan traansaksi jual beli jasa dan praktik ini sudah umum di kalangan pelaku usahanya. Praktik ini dilkukan karena adanya kebutuhan dari costumer yang ingin memperbanyak buku untuk kebutuhan pasar. Namun dalam proses percetakkannya, terkadang costumer memperbanyak buku yang bukan karyanya dan tanpa seizin penulis atau penerbit. Hal ini yang menjadi polemik yang perlu dikaji lebih mendalam apa saja faktor dasar terjadinya praktik seperti itu dan bagaimana cara pandang sosiologi hukum islam dalam menyikapi fenomena tersebut. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research) dengan subjek penelitian adalah CV.123 Press Kabupaten Bantul. Adapun objek dalam penelitian ini adalah masyarakat Adapun objek dalam penelitian ini adalah masyarakat pelaku praktik percetakan dan costumer yang melakukan praktik tersebut, Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik wawancara, observasi, studi Pustaka dan dokumentasi. Dalam analisis ini, penulis menyimpulkan bahwa praktik jual beli jasa cetak buku CV. 123 Press secara hukum islam dapat dikatakan termasuk kedalam kebiasaan yang buruk atau „urf fasid (kebiasaan yang buruk). Karena pada dasarnya jual beli jasa cetak buku pada CV. 123 Press tidak melangar hukum islam akan tetapi pada praktik nya penyedia jasa cetak buku khususnya CV. 123 Press secara tidak langsung melanggar hukum formal yang di atur dalam undang-undang No. 8 tahun 2014 tentang Hak Cipta yang diatur dalam pasal 9 ayat 3 dan praktik jual beli jasa cetak buku CV. 123 press dapat merugikan orang lain seperti penerbit dan penulis buku. Namun kegiatan praktik jual beli jasa cetak buku CV. 123 press dalam segi keabsahanya termasuk dalam kategori„urf fasid al mukhafaf (ringan) karena keadaan social dan ekonomi masyarakat yang membuat mereka untuk melakukan praktik jual beli jasa cetak buku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: 'urf, jasa cetak buku, jual beli, CV. 123 Press
Subjects: Ekonomi Syariah
Hukum Islam > Jual Beli dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Nov 2023 13:47
Last Modified: 03 Nov 2023 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62074

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum