TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SEWA-MENYEWA SOUND SYSTEM (STUDI PADA ELGAS MUSIC PRODUCTION DI CANDIPURO, LAMPUNG SELATAN)

Havid Syarifudin, NIM.: 17103080064 (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SEWA-MENYEWA SOUND SYSTEM (STUDI PADA ELGAS MUSIC PRODUCTION DI CANDIPURO, LAMPUNG SELATAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SEWA-MENYEWA SOUND SYSTEM (STUDI PADA ELGAS MUSIC PRODUCTION DI CANDIPURO, LAMPUNG SELATAN))
17103080064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SEWA-MENYEWA SOUND SYSTEM (STUDI PADA ELGAS MUSIC PRODUCTION DI CANDIPURO, LAMPUNG SELATAN))
17103080064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Di Elgas Music Production terdapat transaksi muamalah yaitu sewa menyewa sound system yang mana pada akadnya belum diketahui apakah akad tersebut syarat-syarat telah terpenuhi. Pada praktiknya, sewa menyewa yang dilakukan di Elgas Music Production ini dilakukan secara lisan dengan memberikan ketentuan pembayaran serta ganti rugi apabila barang mengalami kerusakan dalam masa penyewaannya. Akan tetapi, dalam praktiknya dimungkinkan terjadinya wanprestasi dalam transaksi sewa menyewa tersebut. Penyusun menganalisis praktik sewa-menyewa sound system di Elgas Music Production menurut Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Perdata serta menganalisis penyelesaian wanprestasi pada praktik sewa-menyewa sound system di Elgas Music Production. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan normatif-empiris. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, penyusun menganalisa secara kualitatif deskriptif dengan menggunakan pisau bedah ijârah dan wanprestasi. Hasil penelitian pada praktik sewa-menyewa sound system di Elgas Music Production sejalan dengan Hukum Ekonomi Syariah dan perdata dikatakan sah dan tidak ada permasalahan baik masalah uang muka, potongan uang muka pada saat persewaan karena telah sesuai dengan akad perjanjian. Penyelesaian wanprestasi praktik sewa menyewa sound sistem di Elgas Music Production ditinjau dari kompilasi hukum ekonomi syariah dan hukum perdata memberikan hukuman atau sanksi yang hampir sama bagi pihak yang melakukan wanprestasi yaitu berupa ganti rugi, pembatalan perjanjian, denda, peralihan risiko dan pembayaran perkara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR. Abdul Mughits, M.AG
Uncontrolled Keywords: wanprestasi, ijarah, sewa-menyewa, sound system
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Nov 2023 09:20
Last Modified: 06 Nov 2023 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum