PERAN GANDA ISTRI DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA (STUDI KASUS DI KELURAHAN CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN PROVINSI D.I YOGYAKARTA)

M. Alwi Aldian Purba, NIM.: 18103050025 (2023) PERAN GANDA ISTRI DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA (STUDI KASUS DI KELURAHAN CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN PROVINSI D.I YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GANDA ISTRI DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA (STUDI KASUS DI KELURAHAN CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN PROVINSI D.I YOGYAKARTA))
18103050025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN GANDA ISTRI DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA (STUDI KASUS DI KELURAHAN CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN PROVINSI D.I YOGYAKARTA))
18103050025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial, yaitu satu dengan yang lainnya sama-sama membutuhkan untuk saling melengkapi dan saling membantu agar meringankan suatu pekerjaan. Dalam pernikahan pun begitu, antara suami, istri dan anak haruslah saling membantu. Dalam kehidupan rumah tangga seluruh anggota keluarga memilki perannya masing-masing. Untuk mencapai keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah seluruh anggota keluarga haruslah menjalani perannya dengan baik dan mengerti mana yang menjadi haknya dan mana yang menjadi kewajibannya. Peran antara suami dan istri beserta hak dan kewajibannya sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam. Perkembangan zaman saat ini terutama dibidang ekonomi mengakibat kebutuhan rumah tangga semakin meningkat di tambah kurangnya pendapatan suami untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, hal ini membuat para istri juga harus ikut membantu meningkatkan perekonomian keluarganya dengan bekerja guna memenuhi kebutuhan hidup. Dan ini menunjukkan adanya pergeseran peran istri dalam berumah tangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan normatif dan kajian isi (content analysis) melalui kajian sosiologi hukum Islam. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan November 2022 di Kelurahan Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan metode induktif. Sumber data dari penelitian ini didapatkan melalui metode studi kepustakaan, wawancara dan dokumentasi Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan istri melakukan peran ganda yaitu karena ekonomi yang menjadi alasan utama istri melakukan peran ganda dan yang menjadi faktor lain karena istri memiliki pendidikan yang tinggi dan juga memiliki keterampilan. Para istri sebelum bekerja mereka sebisa mungkin melakukan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga, seperti menyiapkan sarapan buat keluarga, menyiapkan pakaian suami dan anak untuk bekerja dan sekolah. mereka bangun dahulu untuk menyiapkan dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga sebelum bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Bunyan Wahib, M.Ag.MA
Uncontrolled Keywords: hak dan kewajiban istri, Peran Ganda, Istri, Ekonomi Keluarga.
Subjects: Hukum Keluarga
Wanita Dalam Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Nov 2023 10:41
Last Modified: 06 Nov 2023 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62091

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum