PASANGAN KELUARGA TKI DALAM MENJAGA KETAHANAN KELUARGA (STUDI DI DESA DALEGAN KECAMATAN PANCENG KABUPATEN GRESIK)

Bagaskara Faiz Al-Haqi, NIM.: 18103050078 (2023) PASANGAN KELUARGA TKI DALAM MENJAGA KETAHANAN KELUARGA (STUDI DI DESA DALEGAN KECAMATAN PANCENG KABUPATEN GRESIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PASANGAN KELUARGA TKI DALAM MENJAGA KETAHANAN KELUARGA (STUDI DI DESA DALEGAN KECAMATAN PANCENG KABUPATEN GRESIK))
18103050078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PASANGAN KELUARGA TKI DALAM MENJAGA KETAHANAN KELUARGA (STUDI DI DESA DALEGAN KECAMATAN PANCENG KABUPATEN GRESIK))
18103050078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keluarga merupakan satuan terkecil dalam Masyarakat, yang terdiri dari Ayah, Ibu dan Anak. Dalam mencapai kata keluarga selayaknya melewati suatu Proses yakni Perkawinan. Perkawinan atau nikah dalam KBBI memiliki arti ikatan (akad) Perkawinan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum dan ajaran agama, maka suatu Prosesi pernikahan merupakan sesuatu yang sacral dan tidak lepas dari unsur agama yang sangat kuat. Dalam kompilasi Hukum Islam (KHI) pernikahan memliki arti yaitu, akad yang sangat kuat atau Mīṡaqan Galiżan untuk mentaati perintah Allah SWT dan melaksanakannya merupakan ibadah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya keluarga TKI dalam ketahanan keluarga di desa Dalegan Kecamatan panceng Kabupaten Gresik. Berdasarkan hasil penelitian kepada para mantan Tenaga kerja Indonesia yang ada di Desa Dalegan mengalami kesulitan dalam penerapan ketahanan keluarga. Latar belakang kurangnya pengetahuan agama dan kesiapan pribadi untuk menikah menyebabkan fungsi suami dan istri tidak berjalan sebagaimana mestinya. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu dengan menggunakan data dan informasi yang terdapat di Desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik Pendekatan yang digunakan adalah Normatif hukum sebagai norma atau kaidah yang berlaku sebagai pedoman berperilaku masyarakat dan penelitian hukum Sosiologis yaitu suatu cara pandang hukum sebagai fenomena sosial dengan pendekatan struktural Penelitian hukum empiris merupakan pendekatan penelitian menggunakan fakta-fakta empiris yang diambil dari perilaku manusia baik verbal maupun nyata. Pengambilan wawancara dari narasumber yang merupakan TKI sebagai data primer serta beberapa sumber literatur yang menjadi data sekunder lalu penulis menggunakan data analisis berdasarkan metode kualitatif yaitu analisis yang menghubungkan dengan hukum Islam dan beberapa konsep teori lain. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kondisi ketahanan keluarga TKI di desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik yang belum sepenuhnya dapat mengupayakan ketahanan keluarga, hal ini dikarenakan beberapa tindak kekerasan dalam rumah tangga, konflik berkepanjangan, selisih paham serta penyakit kronis yang diderita setelah pulang bekerja di luar negeri. Meskipun tidak semua keluarga mengalaminya. Hal ini menunjukkan bahwa dalam upaya menjaga ketahanan keluarga menjadi seorang TKI bukanlah suatu solusi yang sepenuhnya baik dalam perkembangan keluarga, justru kemungkinan gagal lebih besar dari kesuksesan dalam mencapai ketahanan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Ermi Suhasti Syafei, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Ketahanan keluarga, Tenaga kerja Indonesia (TKI)
Subjects: Hukum Keluarga
Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:57
Last Modified: 07 Nov 2023 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62097

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum