JUAL BELI ROKOK PADA ANAK DALAM TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS DESA KARANGPULE, KECAMATAN SRUWENG, KABUPATEN KEBUMEN)

Asrof Alfudola, NIM.: 18103080065 (2023) JUAL BELI ROKOK PADA ANAK DALAM TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS DESA KARANGPULE, KECAMATAN SRUWENG, KABUPATEN KEBUMEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUAL BELI ROKOK PADA ANAK DALAM TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS DESA KARANGPULE, KECAMATAN SRUWENG, KABUPATEN KEBUMEN))
18103080065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (JUAL BELI ROKOK PADA ANAK DALAM TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS DESA KARANGPULE, KECAMATAN SRUWENG, KABUPATEN KEBUMEN))
18103080065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rokok memiliki regulasi khusus yang dimuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan Yang mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan bahwasannya dilarang menjual produk tembakau kepada anak dibawah umur delapan belas tahun. Praktik jual beli rokok secara umum masih banyak yang tidak memperhatikan aturan yang sudah ditetapkan. Syarat seorang yang bertransaksi atau dalam Islam disebut berakad yaitu berakal dapat diartikan bahwasannya berakal dalam transaksi jual beli ialah mereka secara sadar dan mengetahui betul apa yang diperjual belikan. Perilaku jual beli rokok Oleh karena peyusun tertarik meneliti bagimana praktik jual beli rokok dibawah usia delapan belas tahun dan analisis etika bisnis dalam jual beli rokok pada usia dibawah delapan belas tahun. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berlokasi di Desa karangpule, Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat sosiologis normstif dengan pendekatan sosiologis normatif dimana mendeskripsikan masalah dengan menilai masalah yang ada dengan etika bisnis dan etika bisnis Islam Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara. Data-data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode Induktif. Merokok di usia remaja yang dalam hal ini para remaja tersebut masih berumur dibawah usia delapan belas tahun merupakan sebuah tren remaja. Perilaku tersebut didasari orasa leh keingintahuan yang dimiliki oleh para remaja tersebut. Dalam praktik jual beli rokok yang dilakukan oleh para pemilik warung menggunakan praktik jual beli secara umum. Selaian itu para penjual tidak memberikan segmen pada produk rokok yang menjadikan para remaja mendapatkan rokok dengan mudah. Etika menekankan pada bagaiamana manusia bertindak dan tindakan manusia ditentukan oleh bermacam-macam norma, diantaranya norma hukum, norma agama, norma moral dan norma sopan santun. Dalam Islam etika bisnis berkaitan akhlak dimana akhlak yang baik mengharuskan menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Dengan demikina menjalankan perintah merupakan sebuah perilaku yang baik. Namun para pedagangn belum menjalankannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Syafaul Mudawam , MA, MM.
Uncontrolled Keywords: bisnis Islam, jual beli, rokok, perilaku remaja
Subjects: Ekonomi Syariah
Remaja
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Nov 2023 10:13
Last Modified: 07 Nov 2023 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62104

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum