PENGEMBANGAN PAKET MEDIA KARTU PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON UNTUK KELAS X SMA/MA SEMESTER 2 BERDASARKAN STANDAR ISI

Istiqomah, NIM.: 06670033 (2011) PENGEMBANGAN PAKET MEDIA KARTU PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON UNTUK KELAS X SMA/MA SEMESTER 2 BERDASARKAN STANDAR ISI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PAKET MEDIA KARTU PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON UNTUK KELAS X SMA/MA SEMESTER 2 BERDASARKAN STANDAR ISI)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PAKET MEDIA KARTU PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON UNTUK KELAS X SMA/MA SEMESTER 2 BERDASARKAN STANDAR ISI)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan penelitian, yaitu mengembangkan paket media kartu pembelajaran kimia materi pokok hidrokarbon untuk kelas X SMA/MA semester 2 berdasarkan standar isi dan untuk mengetahui kualitas paket media kartu pembelajaran kimia berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA dan respon dari 10 peserta didik kelas X SMA/MA di Yogyakarta. Pengembangan paket media kartu pembelajaran kimia ini dibimbing oleh Dosen Pembimbing dan diberi masukan oleh ahli media dan teman sejawat (peer reviewer). Dengan menggunakan instrumen kualitas paket media kartu (lampiran 3 dan 5), paket media kartu pembelajaran kimia ini dinilai oleh 7 orang guru kimia dan respon dari 10 orang peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Prambanan Yogyakarta. Instrumen penelitian ini berupa daftar pertanyaan yang terdiri dari kriteria variabel tertentu dan indikator. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang kemudian diubah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif ditabulasi dan dianalisis dengan menggunakan kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas paket media kartu pembelajaran kimia. Produk dari penelitian ini berupa paket media kartu pembelajaran kimia materi pokok hidrokarbon untuk kelas X SMA/MA semester 2 berdasarkan standar isi. Berdasarkan penilaian 7 orang guru kimia SMA/MA, diperoleh skor rata-rata kualitas media kartu pembelajaran kimia yang disusun sebesar 60,59 (kriteria baik), dengan persentase keidealan sebesar 80,78%. Berdasarkan data respon dari 10 peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Prambanan diperoleh skor rata-rata kualitas media kartu pembelajaran kimia yang disusun sebesar 45,3 (kriteria baik), dengan persentase keidealan 82,36%. Oleh karena itu, paket media kartu pembelajaran kimia ini dapat digunakan sebagai pedoman bagi guru kimia dalam memilih media pembelajaran untuk peserta didik SMA/MA Kelas X Semester 2 khususnya media kartu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Panji Hidayat, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Paket Media Kartu Pembelajaran Kimia, Media Kartu Pembelajaran Kimia Hidrokarbon
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Nov 2023 09:11
Last Modified: 08 Nov 2023 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum