ANALISIS KINERJA DEWAN KEMAKMURAN MASJID (DKM) NURUL ASRI DALAM AKTIVITAS DAKWAH ISLAM DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023

Suryadin, NIM.: 16240098 (2023) ANALISIS KINERJA DEWAN KEMAKMURAN MASJID (DKM) NURUL ASRI DALAM AKTIVITAS DAKWAH ISLAM DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KINERJA DEWAN KEMAKMURAN MASJID (DKM) NURUL ASRI DALAM AKTIVITAS DAKWAH ISLAM DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023)
16240098_file 1.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KINERJA DEWAN KEMAKMURAN MASJID (DKM) NURUL ASRI DALAM AKTIVITAS DAKWAH ISLAM DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023)
16240098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen Pengelolaan Masjid adalah kunci keberhasilan kegiatan-kegiatan dakwah Islam di masjid, sehingga hal ini harus menjadi perhatian dan fokus utama setiap pengurus masjid. Dewasa ini pengurus masjid di beberapa daerah masih belum mampu memberikan pelayanan yang optimal dalam kegiatan-kegiatan dakwah, hal ini dilandasi oleh ketidakmampuan untuk melakukan manajemen pengurusan masjid. Hal demikian tentu harus segera diselesaikan untuk mencapai kinerja pengurus masjid yang lebih baik lagi, dengan menjadikan masjid-masjid yang telah berhasil dalam hal manajemen sebagai contoh dan panutan. Masjid Nurul Ashri adalah salah satu pusat dakwah terkemuka di Kota Yogyakarta, dengan berbagai kegiatan-kegiatan dakwah yang inovatif, kreatif, dan solutif bagi masalah yang dihadapi oleh umat Islam saat ini. Metode penelitin ini menggunakan metode kualitatif dengan rangkaian pengambilan data dengan melalui proses wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Analisis data dilakukan untuk mengambil sebuah kesimpulan dan memberikan saran terkait tema penelitian, yang berfokus kepada analisis kinerja dari pengurus masjid, yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai kajian oleh pengurus-pengurus masjid di daerah lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Nurul Ashri Yogyakarta sudah cukup baik, dengan indikator berupa penempatan posisi para pengurus beserta elemen-elemen pendukung dibawahnya sudah berdasarkan dari potensi kemampuan individu masing-masing sesuai dengan bakat, minat serta kepribadian dari para pengurus beserta jajarannya. Selain itu, dalam proses menjalankan program dan kegiatan-kegiatan masjid, para pengurus termotivasi atas dasar pandangan bahwa tugas tersebut sebagai sebuah ibadah, sehingga menjadi sebuah stimulus yang vital dalam memberikan pelayanan yang maksimal di samping melalui perencanaan program yang matang. Di sisi lain, dalam menunjang ketercapaian visi-misi organisasi, organisasi sudah melakukan kewajibannya dengan memberikan dukungan terhadap para pengurus beserta elemen-elemen terkait seperti memenuhi kebutuhan akan aspek kompetensi ataupun wawasan yang diperlukan para pengurus dan elemen-elemen dibawahnya dalam mencapai kinerja yang maksimal, sekalipun hal tersebut berbanding lurus dengan masih banyaknya juga kekurangan dan hal-hal penunjang lain yang perlu di tingkatkan seperti ketiadaan kantor, keterbatasan lahan parkir, dan standar kinerja baku yang membantu para pengurus beserta elemen-elemen terkait dalam menjalankan program dan kegiatan organisasi secara terukur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing; Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), pengelolaan masjid
Subjects: Manajemen Dakwah
Masjid
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Nov 2023 09:41
Last Modified: 08 Nov 2023 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62126

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum