PENANAMAN NILAI-NILAI SOSIAL KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI KELOMPOK BERMAIN ISLAM TERPADU (KB-IT) MUTIARA INSANI DI DUSUN JERONAN DESA BROSOT KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO)

Wahyuni, NIM.: 07410324 (2011) PENANAMAN NILAI-NILAI SOSIAL KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI KELOMPOK BERMAIN ISLAM TERPADU (KB-IT) MUTIARA INSANI DI DUSUN JERONAN DESA BROSOT KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI SOSIAL KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI KELOMPOK BERMAIN ISLAM TERPADU (KB-IT) MUTIARA INSANI DI DUSUN JERONAN DESA BROSOT KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI SOSIAL KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI KELOMPOK BERMAIN ISLAM TERPADU (KB-IT) MUTIARA INSANI DI DUSUN JERONAN DESA BROSOT KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah semakin buruknya sikap sosial keagamaan pada masyarakat yang berdampak kepada ketidakpedulian pada yang lain, sehingga yang kaya semakin kaya yang miskin semakin miskin. Hal ini juga mengakibatkan tindak kriminal ataupun pudarnya kebersamaan dalam masyarakat. Fenomena ini juga berdampak pada perkembangan anak, hal ini terlihat semakin turunnya rasa hormat dan sopan santun terhadap guru atau orang tua, terlebih lagi sikap kepedulian anak terhadap orang lain semakin hilang. Untuk itu diperlukan penanaman nilai-nilai sosial keagamaan sejak usia dini. KB-IT Mutiara Insani yang merupakan penyelenggara pendidikan anak usia dini yang berbasis Islam pertama di kecamatan Galur, menyelenggarakan pendidikan anak usia dini yang didalamnya terdapat penanaman nilai-nilai sosial keagamaan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai sosial keagamaan yang ditanamakan pada anak usia dini di KB-IT Mutiara insani, bagaimana cara menanamkan nilai-nilai tersebut, dan apa faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai sosial keagamaan di KB-IT Mutiara Insani. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis kritis tentang penanaman nilai-nilai sosial keagamaan pada anak usia dini di KB-IT Mutiara Insani serta kendala-kendala yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menambah khasanah dalam penanaman nilai-nilai sosial keagamaan pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di KB-IT Mutiara Insani Di Dusun Jeronan Desa Brosot Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data dilakukan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian menunjukkan: (1) nilai-nilai yang ditanamkan pada anak usia dini di KB-IT Mutiara Insani yaitu; tolong menolong, berbagi dengan orang lain, kerjasama, menghargai dan menghormati orang lain, budaya antri dan kasih sayang. (2) Cara yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai sosial keagamaan pada anak usia dini adalah dengan keteladanan, pembiasaan, bercerita, bernyanyi, bermain, pemberian hadiah, dan dengan nasehat. (3) Faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai sosial keagamaan pada anak usia dini di KB-IT Mutiara Insani adalah kebiasaan buruk dari rumah, kurangnya keaktifan orang tua mengisi buku penghubung, kurangnya penguasaan psikologi anak, dan kurang media dan sarana prasarana. Kemudian faktor pendukungnya adalah lingkungan yang kondusif, adanya buku penghubung dan pembinaan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai, Sosial Keagamaan, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Nov 2023 15:15
Last Modified: 08 Nov 2023 15:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62135

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum