PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK USIA DINI PADA PENGUNGSI KORBAN BENCANA MERAPI (STUDI KASUS DI SEKOLAH PINTAR MERAPI 4 POSKO BALAI DESA UMBULHARJO CANGKRINGAN SLEMAN)

Vevian Iderina, NIM.: 07410259 (2011) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK USIA DINI PADA PENGUNGSI KORBAN BENCANA MERAPI (STUDI KASUS DI SEKOLAH PINTAR MERAPI 4 POSKO BALAI DESA UMBULHARJO CANGKRINGAN SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK USIA DINI PADA PENGUNGSI KORBAN BENCANA MERAPI (STUDI KASUS DI SEKOLAH PINTAR MERAPI 4 POSKO BALAI DESA UMBULHARJO CANGKRINGAN SLEMAN))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK USIA DINI PADA PENGUNGSI KORBAN BENCANA MERAPI (STUDI KASUS DI SEKOLAH PINTAR MERAPI 4 POSKO BALAI DESA UMBULHARJO CANGKRINGAN SLEMAN))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa Pendidikan Agama Islam hendaknya diberikan kepada anak sedini mungkin dalam kondisi apapun, karena masa ini merupakan masa pembentuk pondasi awal kepribadian seseorang. Sekolah Pintar Merapi 4 yang berkerjasama dengan TK ABA Ngrangkah berusaha memberikan pembelajaran agama Islam agar anak dalam keadaan apapun tetap menjadi pribadi yang baik. Untuk itu perlu diadakan penelitian tentang bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi anak usia dini pada pengungsi korban bencana merapi (studi kasus di Sekolah Pintar Merapi 4 posko pengungsian Balai Desa Umbulharjo Cangkringan Sleman). Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Pintar Merapi (SPM) 4, fator-faktor yang mendukung dan menghambat, serta solusi yang dilakukan oleh SPM 4 dalam mengatasi faktor-faktor penghambat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SPM 4, faktor-faktor yang mendukung dan menghambat, serta solusi yang dilakukan oleh SPM 4 dalam mengatasi faktor-faktor penghambat dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Sekolah Pintar Merapi 4 Posko Balai Desa Umbulharjo Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah diambil kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan: 1). Pelaksanaan pendidikan di Sekolah Pintar Merapi 4 dilakukan sesuai dengan perencanaan semula, dan tidak keluar dari tema seharusnya. Walaupun kadang-kadang guru mengikuti kemauan anak. Keadaan guru yang juga berada di pengungsian seperti halnya anak didik, memudahkan guru untuk memahami kondisi peserta didiknya, 2). Faktor pendukung yang menjadikan pembelajaran mudah diterima oleh anak, antara lain: penguasaan materi yang cukup dari guru, rasa cinta dan tanggungjawab guru terhadap anak, rasa antusias anak untuk tetap sekolah, dan adanya berbagai pihak yang mendukung anak untuk tetap sekolah. Adapun faktor penghambatnya antara lain: keadaan anak yang manja, mudah menangis, tersinggung, mudah lelah, dan bosan, serta alat pendukung pembelajaran yang sangat minim. 3). Upaya yang telah diusahakan oleh pihak sekolah antara lain: banyak belajar (sharing) dengan guru-guru lainnya untuk mencari jalan terbaik, memberikan bobot materi pelajaran yang sederhana dan pembelajaran yang menyenangkan yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, memberikan perhatian sedikit lebih kepada siswa yang membuat ulah dan yang masih terlalu kecil, mengajukan proposal untuk pemenuhan media pembelajaran, dan menjalin komunikasi dengan orang tua/wali siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Anak Usia Dini, Korban Bencana
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2023 08:08
Last Modified: 16 Nov 2023 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62137

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum