PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU PAI MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) BAGI GURU PAI DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA

Umul Khaidaroh, NIM.: 07470046 (2011) PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU PAI MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) BAGI GURU PAI DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU PAI MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) BAGI GURU PAI DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU PAI MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) BAGI GURU PAI DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan profesionalitas guru melaui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI yang dilakukan di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa tuntutan terhadap profesionalisme guru PAI yang semakin tinggi Seiring dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 16 tahun 2007 tentang standar akademik dan kualifikasi guru, maka setiap guru di tuntut meningkatkan profesionalisme guru, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensiya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengn baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan adalah peningkatan proesionalitas guru PAI melalui kegiatan MGMP di sekolah. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis ternyata hasilnya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI yang dilakukan di SMP Negeri 5 Yogyakarta dapat meningkatkan profesionalitas guru PAI di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini ditujukan kepada Guru PAI di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan metode berfikir induktif dengan tujuan untuk menganalisis data yang diperoleh dari objek lapangan kemudia dihubungkan dengn teori yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI yang dilaksanakan di SMP Negeri 5 Yogyakarta dapat meningkatkan profesionalisme guru PAI di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.M.Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Guru PAI, Profesionalisme Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2023 08:08
Last Modified: 16 Nov 2023 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62138

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum