KESENJANGAN EKSPEKTASI DALAM MENDAPATKAN PASANGAN PADA BIRO JODOH RUMAYSHO PRESPEKTIF SOSIOLOGI KELUARGA ISLAM

Dwi Sri Handayani, S.H., NIM.: 21203011026 (2023) KESENJANGAN EKSPEKTASI DALAM MENDAPATKAN PASANGAN PADA BIRO JODOH RUMAYSHO PRESPEKTIF SOSIOLOGI KELUARGA ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESENJANGAN EKSPEKTASI DALAM MENDAPATKAN PASANGAN PADA BIRO JODOH RUMAYSHO PRESPEKTIF SOSIOLOGI KELUARGA ISLAM)
21203011026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KESENJANGAN EKSPEKTASI DALAM MENDAPATKAN PASANGAN PADA BIRO JODOH RUMAYSHO PRESPEKTIF SOSIOLOGI KELUARGA ISLAM)
21203011026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pencarian pasangan melalui biro jodoh telah menjadi alternatif yang signifikan dalam masyarakat kontemporer, termasuk dalam konteks keluarga Islam. Namun, proses ini tidak selalu berjalan mulus, seringkali menghasilkan kesenjangan antara ekspektasi calon pasangan dan realitas yang ada. Penelitian ini mengangkat fenomena kesenjangan ekspektasi dalam mencari pasangan melalui biro jodoh dari perspektif sosiologi keluarga Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya kesenjangan ekspektasi, implikasi dari kesenjangan ini terhadap individu, keluarga, dan masyarakat, serta bagaimana lembaga biro jodoh dapat mengelola kesenjangan tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research) dan bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan menggunakan triangulasi (gabungan) yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis dilakukan menggunakan deskriptif analitis dengan melihat pada data lapangan dan juga teori yang sesuai pada penelitian ini juga menggunakan pendekatan sosiologi keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima faktor kendala yang dihadapi BJR yaitu faktor preferensi dan kebutuhan yang spesifik, faktor perbedaan dalam nilai-nilai dan tujuan hidup, faktor perbedaan dalam karakteristik individu, faktor komunikasi yang tidak efektif, faktor kurangnya fleksibilitas dan kompromi. Kemudian untuk mengatasi kendala-kendala tersebut BJR melakukan beberapa hal diantaranya komunikasi yang efektif, konseling dan pendampingan, kemudian fleksibilitas dalam mencocokkan pasangan. BJR dalam perspektif sosiologi keluarga Islam menyoroti kendala dalam mendapatkan pasangan dipengaruhi oleh Faktor Heterogami dimana perbedaan bukanlah menjadi suatu pembeda dalam penetapan kriteria calon pasangan namun sesuatu yang dicari guna mendapatkan calon pasangan melalui kriteria yang telah ditentukan oleh peserta namun tetap melihat antara permintaan dan harapan peserta agar tidak terjadi kesenjangan ekspektasi. Dari segi upaya dalam sosiologi keluarga Islam melihat prinsip agama, prinsip kesetaraan, prinsip keterbukaan, prinsip edukasi. Prinsip-prinsip ini dapat mempengaruhi proses pemilihan pasangan dan memberikan kontribusi terhadap kendala-kendala yang dialami oleh setiap individu (peserta) maupun lembaga agar tidak tercipta kesenjangan ekspektasi yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Malik Ibrahim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pemilihan pasangan, sosiologi keluarga Islam, biro jodoh, ta'aruf
Subjects: Hukum Islam
Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Nov 2023 08:25
Last Modified: 13 Nov 2023 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62141

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum