REVITALISASI PERAN KUA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI EVALUATIF BIMBINGAN PERKAWINAN DI KUA UMBULHARJO YOGYAKARTA)

Puteri Amalia, S.H., NIM.: 21203011089 (2023) REVITALISASI PERAN KUA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI EVALUATIF BIMBINGAN PERKAWINAN DI KUA UMBULHARJO YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REVITALISASI PERAN KUA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI EVALUATIF BIMBINGAN PERKAWINAN DI KUA UMBULHARJO YOGYAKARTA))
21203011089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (REVITALISASI PERAN KUA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI EVALUATIF BIMBINGAN PERKAWINAN DI KUA UMBULHARJO YOGYAKARTA))
21203011089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan masyarakat modern hari ini semakin dinamis diiringi dengan adanya permasalahan sosial yang harus dihadapi oleh masyarakat itu sendiri dan juga pemerintah. Khususnya mengenai ketahanan keluarga dimana fenomena yang mengancam sistem keluarga semakin kompleks mulai dari tingginya angka perceraian, persitiwa kenakalan remaja, kasus pernikahan dini dan peristiwa hamil diluar perkawinan. Hal tersebut merupakan ancaman yang serius terhadap kualitas keluarga dimana keluarga merupakan pondasi vital dalam pembangunan sumber daya manusia. Maka diperlukan intervensi pemerintah melalui program yang tepat untuk melakukan pembinaan, edukasi, dan pelatihan terhadap calon pengantin serta remaja usia nikah mengenai kesiapan hidup berumah tangga dalam rangka mewujudkan ketahanan keluarga dengan Bimbingan Perkawinan. Diciptakannya KUA Pusaka dengan program Pusat Layanan Keluarga Sakinah (PUSAKA SAKINAH) Kantor Urusan Agama sebagai unit pelaksana teknis di bawah Kementerian Agama bertanggung jawab dalam melakukan pelayanan yang optimal menjawab permasalahan umat. Hal tersbut menjadi perhatian penyusun apakah KUA berhasil melaksanakan tanggung jawab tersebut dimana selama ini paradigma pelayanan KUA hanya bersifat administrative dan formalistik. Sifat penelitian yang digunakan penyusun adalah penelitian evaluasi (Evaluation Research) dengan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian yang digunakan penyusun adalah yuridis-sosiologis. Sebagai pisau analisis penyusun menggunakan teori Sistem Hukum oleh ILawrence M. Friedman dan Teori peran Soerjono Soekanto. Dengan teori tersebut dapat menyasar bagaimana bekerjanya sistem hukum atas pelaksanaan bimbingan perkawinan di KUA Umbulharjo serta bagaimana peran yang dilakukan KUA Umbulharjo sebagai KUA Pusaka dalam mewujudkan keluarga sakinah di wilayahnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan perkawinan di KUA Umbulharjo sudah berjalan dengan baik, KUA Umbulharjo sebagai struktur hukum memiliki peran yang signifikan mengupayakan pelaksanaan bimbingan perkawinan sesuai dengan subtansi hukumnya yakni Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam No. 189 Tahun 2021. Masyarakat selaku budaya hukum memiliki kesadaran yang baik mematuhi dan merespon dengan baik adanya program Bimbingan Perkawinan. Menurut teori peran revitalisasi peran KUA Pusaka dalam mewujudkan keluarga sakinah di Kecamatan Umbulharjo sudah baik. Peranan yang diharapkan (expected role) dengan peran nyata (actual role) yang diupayakan oleh KUA Umbulharjo sudah sesuai. Program Pusaka Sakinah menjadi wujud revitalisasi peran KUA yang dulunya bersifat formalistik administratif menjadi layanan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Khoiruddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Keluarga Sakinah, Bimbingan Perkawinan, KUA Umbulharjo
Subjects: Hukum Islam
Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Nov 2023 09:27
Last Modified: 13 Nov 2023 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62143

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum