KONSEP PENDIDIKAN TAUHID DALAM NOVEL “COGITO ALLAH SUM” KARYA LALU MOHAMMAD ZAENUDI

Umi Liwayanti, NIM.: 07410316 (2011) KONSEP PENDIDIKAN TAUHID DALAM NOVEL “COGITO ALLAH SUM” KARYA LALU MOHAMMAD ZAENUDI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN TAUHID DALAM NOVEL “COGITO ALLAH SUM” KARYA LALU MOHAMMAD ZAENUDI)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN TAUHID DALAM NOVEL “COGITO ALLAH SUM” KARYA LALU MOHAMMAD ZAENUDI)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang Penelitian ini adalah bahwa tujuan pendidikan Islam yakni menjadi hamba Allah yang mengakui keesaan-Nya tanpa ada keraguan di dalamnya. Namun realitasnya pendidikan saat ini masih sedikit yang mengintegrasi dan menginterkoneksikan antara ilmu pengetahuan dan agama. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan tauhid yang terkandung dalam novel ” Cogito Allah Sum” karya Lalu Mohammad Zaenudin. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis konsep pendidikan Tauhid dalam novel ” Cogito Allah Sum” dan relevansinya dengan pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, yaitu kajian literatur melalui riset kepustakaan dengan menggunakan data kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan filosofis. Pendekatan ini menjelaskan bahwa konsep pendidikan tauhid yang ingin disampaikan dengan menafsirkan sebuah teks, oleh karena itu memerlukan pemahaman secara mendalam. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui metode dokumentasi dan wawancara, baik terhadap data primer maupun data sekunder, data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik makna dan kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep pendidikan tauhid yang terkandung dalam novel “ Cogito Allah Sum” yaitu dijelaskan secara sains berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist. Dengan proses pembelajaran tauhid yang meliputi peran pendidik/Guru, metode keraguan, metode diskusi, dan metode cerita, serta materi tauhid yaitu iman kepada Allah, Iman kepada Malaikat, Iman kepada Kitab Allah, iman kepada Rasul, Iman kepada Qadha dan Qadhar, serta tiga pembagian tauhid yaitu tauhid Rububiyah, tauhid Uluhiyah, dan tauhid Asma’ wa sifat. (2) Relevansinya dengan pendidikan Agama Islam yaitu bahwa konsep pendidikan tauhid yang terkandung dalam novel ini dapat digunakan seorang pendidik dalam menjelaskan tentang ketauhidan/ folsafat ketuhanan secara sains dengan pendekatan filosofis ( rasionalisme dan logika) kepada peserta didik di level perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sumedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Tauhid, Pendidikan Agama Islam, Novel "Cogito Allah Sum”
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Tauhid
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 13:11
Last Modified: 17 Nov 2023 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62147

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum