PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH DITINJAU DARI KARAKTERISTIK PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KARANGANYAR, PURBALINGGA

Umi Muflihatun, NIM.: 07410200 (2011) PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH DITINJAU DARI KARAKTERISTIK PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KARANGANYAR, PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH DITINJAU DARI KARAKTERISTIK PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KARANGANYAR, PURBALINGGA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH DITINJAU DARI KARAKTERISTIK PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KARANGANYAR, PURBALINGGA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa seorang guru masih belum seluruhnya menerapkan pendekatan dalam pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswanya yang sudah remaja. Guru dalam proses pembelajaran masih menganggap siswanya masih anak-anak sehingga pendekatan yang digunakan tidak sesuai. Pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran aqidah akhlak untuk siswa yang sudah memasuki masa remaja diantaranya pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan, pendekatan emosional, pendekatan rasional, pendekatan fungsional, dan pendekatan keteladanan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran aqidah akhlak, bagaimana karakteristik perilaku keagamaan siswa kelas VII MTsN Karanganyar dan bagaimanakah pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran aqidah akhlak ditinjau dari karakteristik perilaku keagamaan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran aqidah akhlak, mengetahui karakteristik perilaku keagamaan siswa kelas VII MTsN Karanganyar, dan mendiskripsikan pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran aqidah akhlak ditinjau dari karakteristik perilaku keagamaan remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MTsN Karanganyar, Kabupaten Purbalingga. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan/ observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pendekatan yang digunakan oleh guru aqidah akhlak di MTsN Karanganyar, yaitu: pendekatan pengalaman, pendekatan kebiasaan, pendekatan keteladanan. (2) Karakteristik perilaku keagamaan siswa kelas VII di MTsN Karanganyar dapat dilihat dari empat (4) dimensi keberagamaan, yaitu: dimensi keyakinan, dimensi praktik, dimensi pengalaman, dan dimensi pengetahuan agama.(3) Pendekatan pembelajaran aqidah akhlak yang bisa digunakan untuk siswa yang sudah memasuki masa remaja, yaitu pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan, pendekatan emosional, pendekatan rasional, pendekatan fungsional, dan pendekatan keteladanan. Dalam penggunaannya harus disesuaikan antara keadaan siswa, dan materi yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Karakter, Aqidah Akhlak, Keagamaan Remaja
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 13:11
Last Modified: 17 Nov 2023 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62149

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum