PENERAPAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN SISWA KELAS III B MI NEGERI JEJERAN

Try Sumiati, NIM.: 07480011 (2011) PENERAPAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN SISWA KELAS III B MI NEGERI JEJERAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN SISWA KELAS III B MI NEGERI JEJERAN)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN SISWA KELAS III B MI NEGERI JEJERAN)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya dengan adanya pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa, konsep pembelajaran yang membantu guru mengkaitkan antara materi ajar dengan situasi dunia nyata siswa, dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka, mampu menjadikan pengetahuan yang dimiliki siswa lebih bermakna, dan terekam lama dalam benak siswa, sehingga prestasi belajar siswa akan meningkat. Namun kenyataannya prestasi belajar siswa masih kurang memuaskan dan belum mencapai kriteria ketuntasan maksimal karena model pembelajaran yang masih bersifat satu arah yaitu guru sebagai pusat pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya penelitian tentang penerapan CTL dalam pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menerapkan CTL dan mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas III B MIN Jejeran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III B MIN Jejeran tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 29 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, jurnal harian, dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, dan tes prestasi belajar. Analisis data dengan menggunakan deskripsi kualitatif dan dihitung secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menerapkan CTL berhasil melaksanakan semua komponen CTL dengan persentase di atas 75 %. Pada siklus I 70,75%, dan pada siklus II 80,38%. Ratarata persentase pelaksanaan pembelajarannya adalah 75,57. Pembelajaran dengan menerapkan CTL dapat meningkatkan prestasi belajar. Peningkatan prestasi belajar sebesar 22, 43. Rata-rata prestasi belajar sebelum penerapan CTL adalah 68,62, sedangkan rata-rata prestasi belajar siklus I dan II mencapai 91,05. Ketuntasan siswa sebesar 86,20%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ibu Luluk Mauluah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: CTL, Prestasi Belajar, Perkalian
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 13:11
Last Modified: 17 Nov 2023 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62152

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum