PEMBENTUKAN PERILAKU DISIPLIN SANTRI SALAFIYAH WUSTHA DI ASRAMA PONDOK PESANTREN PUTRI ISLAMIC CENTRE BIN BAZ (ICBB), PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Swasti Eka Afriliani, NIM.: 07410197 (2011) PEMBENTUKAN PERILAKU DISIPLIN SANTRI SALAFIYAH WUSTHA DI ASRAMA PONDOK PESANTREN PUTRI ISLAMIC CENTRE BIN BAZ (ICBB), PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN PERILAKU DISIPLIN SANTRI SALAFIYAH WUSTHA DI ASRAMA PONDOK PESANTREN PUTRI ISLAMIC CENTRE BIN BAZ (ICBB), PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN PERILAKU DISIPLIN SANTRI SALAFIYAH WUSTHA DI ASRAMA PONDOK PESANTREN PUTRI ISLAMIC CENTRE BIN BAZ (ICBB), PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pentingnya pembentukan perilaku disiplin kepada anak agar anak memiliki sikap patuh terhadap peraturan yang ditetapkan. Kurangnya kedisiplinan anak saat ini membuat anak kurang memiliki kesadaran untuk mematuhi peraturan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa pembentukan perilaku disiplin, hasil yang dicapai dan kendala yang dihadapi dalam pembentukan perilaku disiplin santri kelas VIII Salafiyah Wustha di Asrama Pondok Pesantren Putri Islamic Centre Bin Baz, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan dalam pembentukan perilaku disiplin santri di Pondok Pesantren tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Obyek dari penelitian ini ialah pembentukan perilaku disiplin santri kelas VIII Salafiyah Wustha di Asrama Pondok Pesantren Putri Islamic Centre Bin Baz, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data dengan menggunakan teknik Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan: (1) pembentukan perilaku disiplin santri kelas VIII Salafiyah Wustha di Asrama Pondok Pesantren Putri Islamic Centre Bin Baz, Piyungan, Bantul, Yogyakarta adalah agar santri mematuhi peraturan y mengatasi santri yang masih melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku, dikarenakan masih banyak santri yang melakukan pelanggaran yang disebabkan karena kejenuhan dan kurangnya motivasi santri untuk mematuhi peraturan maka dilakukan pembentukan perilaku disiplin dengan menggunakan beberapa metode seperti sosialisasi peraturan, melalui pembiasaan, adanya keteladanan, adanya pengawasan/pengontrolan, adanya hukuman, adanya penghargaan, adanya konsistensi dan evaluasi peraturan (2) hasil yang dicapai dilihat dari pencapaian tujuan pembentukan perilaku disiplin santri kelas VIII Salafiyah Wustha di Asrama Pondok Pesantren Putri Islamic Centre Bin Baz, Piyungan, Bantul, Yogyakarta yaitu bahwa tujuan pembentukan perilaku disiplin santri kelas Salafiyah Wustha belum tercapai karena masih terjadi banyak pelanggaran terhadap peraturan. (3) kendala yang dihadapi dalam pembentukan perilaku disiplin santri kelas kelas VIII Salafiyah Wustha di Asrama Pondok Pesantren Putri Islamic Centre Bin Baz, Piyungan, Bantul, Yogyakarta adalah faktor yang berasal dari santri yaitu kurangnya motivasi santri dan faktor dari asrama yaitu kurangnya pengawasan dan motivasi yang diberikan kepada santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. H. Susilaningsih, M. A.
Uncontrolled Keywords: Perilaku Disiplin, Pendidikan Karakter, Pendidikan Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 13:11
Last Modified: 17 Nov 2023 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62157

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum