UPAYA MEWUJUDKAN KEHARMONISAN SISWA DI SMA N 1 PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Sutrisno, NIM.: 07470013 (2011) UPAYA MEWUJUDKAN KEHARMONISAN SISWA DI SMA N 1 PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MEWUJUDKAN KEHARMONISAN SISWA DI SMA N 1 PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MEWUJUDKAN KEHARMONISAN SISWA DI SMA N 1 PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari sebuah realita tentang kesenjangan yang terjadi pada lingkungan sosial di lembaga sekolah, terutama pada kalangan siswa. Sebuah kelompok yang memiliki berbagai macam perbedaan latar belakang tentunya sangat erat sekali dengan adanya kesenjangan, baik dengan dalih individu maupun kelompok, baik secara terang-terangan maupun tersembunyi. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan (1) Masalahmasalah sosial yang mempengaruhi keharmonisan siswa di SMA N 1 Pleret. (2) Upaya yang dilakukan sekolah dalam mengatasi masalah sosial yang mempengaruhi keharmonisan siswa di SMA N 1 Pleret. (3) Dampak yang terjadi setelah upaya menciptakan keharmonisan dilakukan oleh sekolah. Jenis penyusunan pada skripsi ini adalah penyusunan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah pejabat sekolah, guru-guru, karyawan dan peserta didik SMA N 1 Pleret. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Purposive Sampling, metode pengumpulan data yang meliputi observasi/ pengamatan, interview/wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi. Hasil penyusunan menunjukkan bahwa masalah-masalah sosial yang mempengaruhi keharmonisan siswa di SMA N 1 Pleret beraneka ragam yang meliputi perbedaan tingkatan kelas, masalah perbedaan agama dan masalah perbedaan kedudukan status sosial di lingkungan sekolah. Dengan berdasarkan masalah-masalah tersebut, maka tindakan yang dilakukan SMA N 1 Pleret dalam mengatasi masalah yang dapat mempengaruhi keharmonisan siswa adalah (1) Membangun anti diskriminasi umur/ tingkatan kelas di sekolah yang diwujudkan dengan berdasarkan masalah-masalah spesifik di lingkungan sekolah melalui cara yang sistematis. (2) Membangun sikap anti diskriminasi agama di SMA N 1 Pleret dengan kegiatan-kegiatan intra dan ekstrakurikuler di lingkungan sekolah dan pemahaman melalui beberapa dialog. (3) Membangun sikap kepedulian sosial melalui kegiatan sosial di sekolah yang dapat menumbuhkan semangat kebersamaan. Setelah beberapa upaya sekolah dalam menciptakan keharmonisan siswa dilakukan, maka dampak yang terjadi adalah siswa menjadi bertambah harmoni dengan lingkungan aman dan nyaman. Hal tersebut dengan berdasarkan acuan tata tertib dan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan sekolah berjalan dengan cukup efektif dibandingkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Qowim M.Ag
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekolah, Harmoni Siswa, Lingkungan Kondusif
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2023 10:18
Last Modified: 14 Nov 2023 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62158

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum