UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI MA'ARIF KLANGON KALIBAWANG KULON PROGO

Suriyatun, NIM.: 08480028-E (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI MA'ARIF KLANGON KALIBAWANG KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI MA'ARIF KLANGON KALIBAWANG KULON PROGO)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI MA'ARIF KLANGON KALIBAWANG KULON PROGO)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah persoalan pokok yang dihadapi peserta didik dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam adalah kurangnya minat dan merasa bahwa Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran yang sulit ,lebih banyak menghafal dalil dan fakta, sehingga menuntut guru untuk dapat mengatasinya dengan berkreasi melakukan pendekatan pembelajaran dalam menyajikan materi. Sejauh mana pendekatan pembelajaran yang dimiliki guru kelas IV MI Maarif Klangon sehubungan dengan pelaksanaan pengembangan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan pembelajaran, hasil dari pelaksanaan pembelajaran serta tanggapan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan discovery learning dalam pengembangan pembelajaran IPA siswa kelas IV MI Ma’arif Klangon. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV, guru wali kelas IV. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia dengan langkah-langkah: mereduksi data, melaksanakan dan menafsirkan data menjadi kesimpulan yang bermakna. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Terdiri dari dua siklus tindakan,dengan masing-maasing siklus terdiri dari perencanaan,kegiatan tindakan dan observasi, revleksi. Instrumen yang digunakan antara lain; angket tanggapan siswa, lembar wawancara respon guru,soal pre tes dan post tes, tanggapan siswa positif terhadap pendekatan dan metode mengajar yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pendekatan Discovery learning dilaksanakan di MI ma’arif Klangon pada materi Pertumbuhan Mahluk Hidup (2) Kegiatan belajar mengajar menggunakan pendekatan discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Klangon dengan peningkatan nilai rata-rata sebanyak 15,71, nilai tersebut didapat dari nilai ratarata sebelum pembelajaran discovery learning 65,71 dan nilai rata-rata sesudah pembelajaran discovery learning 81,42. (3) Siswa memberi tanggapan positif terhadap kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan discovery learning kemungkinan diterapkannya pendekatan discovery learning di MI Ma’arif Klangon, Kelebihan dan kekurangan diterapkannya pendekatan discovery learning hambatan dan pendukung dilaksanakan pendekatan discovery learning di MI Ma’arif Klangon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Fathonah,MPd.
Uncontrolled Keywords: Proses Belajar, Pendekatan Discovery Learning, Prestasi Belajar, Respon Siswa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2023 10:23
Last Modified: 14 Nov 2023 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62159

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum