IMPLEMENTASI MODEL BRAIN BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ JUZ’AMMA DAN ASMAUL HUSNA DI TPA MANARUL HUDA SARANG SIDOMULYO BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA

Supri Rahayu, NIM.: 07410167 (2011) IMPLEMENTASI MODEL BRAIN BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ JUZ’AMMA DAN ASMAUL HUSNA DI TPA MANARUL HUDA SARANG SIDOMULYO BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL BRAIN BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ JUZ’AMMA DAN ASMAUL HUSNA DI TPA MANARUL HUDA SARANG SIDOMULYO BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (766kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL BRAIN BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ JUZ’AMMA DAN ASMAUL HUSNA DI TPA MANARUL HUDA SARANG SIDOMULYO BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dengan melihat kondisi zaman modern sekarang ini masih sedikit orang Islam yang mau membaca apalagi menghafal Al- Qur’an, banyak metode yang ditawarkan untuk bisa membaca dan menghafal Al- Qur’an tapi masih bersifat konfensional atau disebut juga dengan metode behaviouristik yaitu dengan mengulang-ngulang sesering mungkin sampai hafal. Ini berarti banyak membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran, hasil yang dicapai dengan metode konvensional sangat bervariasi, karena daya konsentrasi setiap orang berbeda. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran Al-Qur’an yang sistematis, efektif, dan efisien untuk menunjang keberhasilan mereka dalam mempelajari Al-Qur’an baik dari segi membaca maupun menghafalkanya. TPA ini menggunakan model Brain Based Learning dalam pembelajaran tahfidz juz’ama dan asmaul husna, berkaitan dengan uraian diatas maka peneliti perlu mengadakan penelitian berkaitan dengan implementasi model Brain Based Learning dalam pembelajaran tahfidz juz’ama dan asmaul husna, keberhasilan model Brain Based Learning yang dicapai santri dalam pembelajaran tahfidz juz’ama dan asmaul husna dan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan model tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk penyempurnaan penerapan model pembelajaran tahfidz juz’ama dan asmaul husna di TPA Manarul Huda khususnya dan dan di lembaga pendidikan lain umumnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model Brain Based Learning yang digunakan dalam pembelajaran tahfidz juz’ama dan asmaul husna sudah cukup efektif dan efisien dan hasilnyapun bisa dikatakan memuaskan karena ada nilai plusnya yaitu anak tidak hanya hafal juz’ama dan asmaul husna saja tapi juga hafal makna dan artinya bahkan nomer urutnya. Model ini menggunakan anggota tubuh sebagai asosiasinya dan kartu bergambar, hal ini dapat mengoptimalkan seluruh sistem kinerja otak yaitu sistem pembelajaran emosional, kognitif, sosial, fisik dan reflektif. Prestasi yang dicapai oleh santri di TPA Manarul Huda cukup membanggakan terbukti santri dapat hafal asmaul husna dan juz’ama nomer urut ayat dan artinya. Ada beberapa faktor pendukung faktor usia, kecerdasan santri dan lingkungan yang kondusif. Faktor penghambat Santri lebih senang bermainmain, sarana prasarana yang kurang memadahi, padatnya kegiatan ustadzah, kurangnya tenaga pengajar untuk tahfidz dan tingginya kemalasan santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Hj. Afiyah AS. MSi.
Uncontrolled Keywords: Model Brain Based Learning, Motivasi Belajar, Pengajaran Konstruktivis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2023 10:37
Last Modified: 14 Nov 2023 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62160

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum