EVALUASI HASIL BELAJAR AL-QUR'AN PROGRAM TAKHASSUS DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

Siti Rohimah, NIM.: 07410219 (2011) EVALUASI HASIL BELAJAR AL-QUR'AN PROGRAM TAKHASSUS DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI HASIL BELAJAR AL-QUR'AN PROGRAM TAKHASSUS DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI H..<\SIL BELAJAR AL-QUR. AN PROGRAM TAKHASSUS DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTAEVALUASI HASIL BELAJAR AL-QUR'AN PROGRAM TAKHASSUS DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwasanya evaluasi hasil belajar al-Qur’an Program Takhassus di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah mengarah pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Akan tetapi pada kenyataanya evaluasi pada ranah afektif belum terencana dan belum terdokumentasi. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang evaluasi hasil belajar al-Qur’an pada ketiga aspek. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi hasil belajar al-Qur’an Program Takhassus di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan metode riset lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan sejumlah dokumen mengenai evaluasi hasil belajar al-Qur’an Program Takhassus di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif yakni pemaparan gambaran yang sejelas-jelasnya mengenai evaluasi hasil belajar al-Qur’an baik pelaksanaannya, hasil evaluasi, kendala serta solusi yang diuraikan dalam bentuk naratif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanaan evaluasi hasil belajar al- Qur’an Program Takhassus dilakukan tiga kali, yaitu harian, tengah dan akhir semester. Pelaksanaan evaluasi tersebut dilakukan pada aspek kognitif dan psikomotorik. Evaluasi pada aspek afektif belum terencana tetapi guru telah melakukan pengamatan. Teknik evaluasi pada aspek kognitif menggunakan tes tulis guna mengetahui kemampuan pemahaman santri pada ilmu tajwid. Pada aspek psikomotorik berbentuk tes lisan (tes petik kerja) guna mengetahui kemampuan bacaan santri. 2) Hasil evaluasi hasil belajar al-Qur’an pada aspek kognitif baik. Hasil evaluasi hasil belajar al-Qur’an pada aspek psikomotorik baik sekali. 3) Kendala-kendala dalam evaluasi hasil belajar al-Qur’an meliputi kendala pada aspek kognitif yaitu adanya metode evaluasi yang digunkan guru pada saat proses pembelajaran bersifat umum, pada aspek afektif yaitu adanya teknik pengamatan yang dilakukan guru belum mampu mengamati pada tiap santri, dan kendala aspek psikomotorik yaitu adanya kehadiran santri yangt tidak selalu hadir mengakibatkan guru tidak dapat memantau setiap santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Pembelajaran Al-Qur’an, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2023 11:19
Last Modified: 14 Nov 2023 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62161

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum