PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI UNGARAN II YOGYAKARTA

Sri Handayani, NIM.: 07410250 (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI UNGARAN II YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI UNGARAN II YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI UNGARAN II YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah ini muncul dari kenyataan bahwa selama ini pelaksanaan pembelajaran di SD kelas I sampai kelas III masih sama dengan kelas-kelas lainnya, yaitu kelas IV – VI yakni untuk setiap mata pelajaran dilakukan secara terpisah antara pelajaran satu dengan pelajaran yang lain, dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan secara murni mata pelajaran, yaitu hanya mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang berhubungan dengan mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu, dalam rangka implementasi standar isi yang termuat dalam Standar Nasional Pendidikan sesuai dengan yang terdapat dalam Undang-undang sisdiknas dan tertera dalam struktur Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, maka pembelajaran pada kelas awal sekolah dasar, yakni kelas I, II dan III adalah menggunakan pembelajaran yang dikemas dalam bentuk-bentuk tema-tema (tematik). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada penerapan pembelajaran tematik dalam pelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri Ungaran II Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan dan dikembangkan oleh sekolah-sekolah lain untuk lebih meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD Negeri Ungaran II Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan teknik deskriptif analitik, yaitu teknik analisa data dengan memutuskan, menafsirkan, serta mengklasifikasikan dan membandingkan fenomena-fenomena dengan metode berfikir. Adapun untuk menganalisi data kualitatif digunakan pola pikir induktif, yaitu cara berfikir berangkat dari fakta-fakta atau peristiwaperistiwa khusus dan konkrit, kemudian dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa khusus dan konkrit digeneralisasikan menjadi pengertian yang bersifat umum. Langkah analisis data adalah meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: penerapan pembelajaran tematik di SD Negeri Ungaran II dilaksanakan sederhana, pada tahap perencanaan guru PAI di SD Negeri Ungaran II jarang sekali membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang khusus tentang pembelajaran tematik, bahkan bisa dikatakan tidak pernah, alasannya karena guru terkesan sudah hafal dengan materi yang akan diajarkan karena sudah terbiasa melakukan pengajaran. Faktor pendukung dibagi 2, eksternal: pembelajaran yang efektif, lingkungan yang kondusif, fasilitas yang memadai dan sumber belajar yang telah tersedia, faktor internalnya: pendidik yang berkompeten, hubungan yang baik antara pendidik dengan peserta didik, dan kurikulum yang tepat. Sedangkan faktor penghambat: keterbatasan pengetahuan (ilmu) yang dimiliki pendidik, khususnya pengetahuan tentang pembelajaran tematik, pendidik yang kurang kreatif, dan pendidik masih sering menggunakan metode-metode konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radino, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Pendidikan Agama Islam, Metode Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2023 10:56
Last Modified: 14 Nov 2023 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62164

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum