ANALISIS PELAKSANAAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI MTSN NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA (TAHUN AJARAN 2010/2011)

Sopian, NIM.: 06470044-05 (2011) ANALISIS PELAKSANAAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI MTSN NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA (TAHUN AJARAN 2010/2011). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PELAKSANAAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI MTSN NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA (TAHUN AJARAN 2010/2011))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PELAKSANAAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI MTSN NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA (TAHUN AJARAN 2010/2011))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui pelaksanaan administrasi sekolah di MTsN Ngemplak, Sleman Yogyakarta. Yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengkomunikasian, Pengontrolan, dan evaluasi. 2). Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat. 3). Untuk mengetahui solusi dalam pelaksanaan administrasidi sekolah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian lapangan (field research), dimana penelitian ini menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian yang selanjutnya disebut informan atau responden melalui intrumen pengumpulan data. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, interview/ wawancara, serta dokumentasi. Untuk menganalisis data, teknik analisis data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan 1). Bahwa pelaksanaan administrasi sekolah di MTsN Ngemplak khususnya pada fungsi administrasi sekolah ternyata berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada. 2). Factor pendukung adanya kerjasama yang baik dari komponen madrasah, adanya komitmen dari setiap personil/ anggota, dan adanya pencapaian tujuan yang sama untuk mengaktualisasikan tujuan itu sendiri. Adapun factor penghambat a) Kurangnya komunikasi dan koordinasi b) Disiplin kerja para guru dan karyawan masih minim c) Kurangnya sarana-prasarana sekolah d) Minimnya profesionalisme anggota dalam pengelolaan administrasi sekolah. 3) Solusi yang ditawarkan a) peranan kepala madrasah perlu ditingkatkan dalam mengontrol dan memonitoring pelaksanaan administrasi sekolah di MTsN Ngemplak agar tidak terjadi mis communication and mis understanding b) diperlukannya tindakan-tindakan yang bersifat preventif dengan memberikan teguran, perbaikan, serta pembinaan dalam pelaksanaan tugas dari masing-masing anggota administrasi sekolah c) diperlukannya pengadaan sarana prasarana yang memadai, seperti bahan buku bacaan, sehingga tujuan dari administrasi sekolah mampu memberikan layanan yang maksimal d) diperlukannya program peningkatan kualitas guru dan karyawan, seperti dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan pengembangan IPTEK, dan program peningkatan kualifikasi guru dengan menyesuaikan masing-masing latarbelakang pendidikannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs, Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Administrasi Pendidikan, Administrasi Sekolah, Kependidikan
Subjects: Pendidikan > Administrasi Sekolah (School Administration)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2023 11:06
Last Modified: 14 Nov 2023 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62165

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum