PEMBINAAN AKHLAK SISWI MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Siti Zakiyatun Nafingah, NIM.: 07410341 (2011) PEMBINAAN AKHLAK SISWI MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN AKHLAK SISWI MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN AKHLAK SISWI MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari adanya lembaga pesantren yang dianggap mampu menjadikan santrinya untuk berakhlak mulia, berjiwa mandiri, menciptakan dan mengembangkan kepribadian muslim, yaitu kepribadian yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan, bermanfaat bagi masyarakat atau abdi masyarakat yaitu pelayan masyarakat sebagaimana kepribadian Nabi Muhammad saw. Akan tetapi realitanya di Pondok Pesantren Wahid Hasyim khususnya pada santriwati Madrasah Aliyah masih ditemukan akhlak kurang baik, misalnya berpakaian kurang sopan, membelanjakan uang untuk bayar sekolah, keluar tanpa izin dan keluar melewati batas izin waktu yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang faktorfaktor yang mempengaruhi prilaku akhlak kurang baik pada santriwati Madrasah Aliyah Wahid Hasyim dan mengupas bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak pada santriwati Madarasah Aliyah Wahid Hasyim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogis-fenomenologis, yakni penelitian ini berusaha untuk mengkaji pokok permasalahan penelitian dengan sudut pandang pendidikan, sedangkan fenomenologis berarti bahwa penelitian ini tidak hanya melihat dari apa yang terjadi saja akan tetapi mencoba untuk melihat peristiwa dibalik suatu apa yang terjadi tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunnya dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian memeriksa keabsahan data serta menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku akhlak kurang baik pada santriwati Madrasah Aliyah Wahid Hasyim meliputi; faktor internal yakni diri santriwati itu sendiri dan faktor eksternal yakni faktor dari pembina, faktor keluarga, faktor lingkungan asrama, faktor teman dekat dan faktor teman dari luar. Sedangkan pelaksanaan pembinaan akhlak meliputi; dasar dan tujuan pembinaan akhlak, hubungan santri, ustadz dan kyai, tata tertib dan hukuman serta materi dan metode pembinaan akhlak santriwati Madrasah Aliyah Wahid Hasyim. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa kegiatan pembinaan akhlak yang selama ini berjalan sebagian besar merupakan kegiatan rutinan, kegiatan tersebut sudah berjalan dengan baik. Walaupun demikian, materi dan metode yang ada kurang maksimal karena belum bisa mengatasi masalah yang terjadi pada Santriwati Madrasah Aliyah Wahid Hasyim. Hal ini terlihat dari masih ditemukannya beberapa santriwati yang masih tetap melakukan pelanggaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak, Pondok Pesantren, Metode Pendidikan
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2023 11:14
Last Modified: 14 Nov 2023 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62167

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum