IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PEMBINAAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA TUNAGRAHITA RINGAN (STUDI KASUS DI SMPLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)

Siti Halimah, NIM.: 07410175 (2011) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PEMBINAAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA TUNAGRAHITA RINGAN (STUDI KASUS DI SMPLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PEMBINAAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA TUNAGRAHITA RINGAN (STUDI KASUS DI SMPLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PEMBINAAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA TUNAGRAHITA RINGAN (STUDI KASUS DI SMPLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang pemilihan judul ini adalah berdasar dalam Undang-undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003 Bab IV pasal 5 yang berbunyi “Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu.” Persamaan tersebut adalah persamaan tanpa terbatas pada ras,suku, agama, kelainan fisik atupun mental. Agama Islam juga tidak pernah membeda-bedakan manusia. Semua manusia sama dihadapan Allah, yang membedakan adalah tingkat ketakwaannya. Akan tetapi pada kenyataannnya anak-anak yang memiliki kekurangan seperti anak tunagrahita yang memiliki kelemahan mental dan pikiran masih dianggap berbeda dengan anak-anak normal lainnya dan sering dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, dengan adanya pendidikan khusus dapat menjadi satu sarana bagi mereka untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas terutama Pendidikan Agama Islam guna membuktikan bahwa mereka juga mampu mengembangkan potensi serta kemampuan mereka seperti anak-anak pada umumnya. Dalam penelitian ini difokuskan pada potensi rasa beragama yang diwujudkan melalui sikap dan perilaku keagamaan yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Kendatipun dalam kehidupan berbangsa dan beragama hak memperoleh pendidikan bagi anak-anak yang memiliki kelainan termasuk penderita tunagrahita ini dilindungi, tetapi jelas adanya perbedaan teknik dalam pemberian pelayanan dan pengajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang implementasi PAI bagi pembinaan sikap dan perilaku keagamaan siswa tunagrahita ringan di SMPLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di SMPLB Negeri Pembina Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, siswa tunagrahita ringan, bagian kesiswaan, dan guru bimbingan konseling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan melalui teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB Negeri Pembina Yogyakarta disesuaikan dengan kurikulum yang diterapkan yaitu KTSP yang disesuaikan dengan kondisi sekolah serta keadaan dan kebutuhan siswa tunagrahita. Saat pembelajaran di kelas dengan memperhatikan tujuan pendidikan, materi, metode, media, serta evaluasi pembelajaran. (2) Hasil pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam upaya pembinaan sikap dan perilaku keagamaan yang dilaksanakan melalui pembelajaran di kelas, secara kuantitatif sudah terbilang baik karena sebagian besar sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 7,0. Sedangkan dari segi pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari juga menunjukkan hasil yang baik, meskipun dalam prakteknya masih kurang maksimal serta banyak kendala yang dihadapi. (3) Faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam berasal dari guru maupun siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Perilaku Keagamaan, Anak Cacat Mental (Tunagrahita)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 13:11
Last Modified: 17 Nov 2023 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62168

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum